Tanggul Sungai Jambo Reuhat Jebol Meluas, Pemukiman Terendam

FREELINENEWS.com | Aceh Timur – Akibat hujan deras yang mengguyur wilayah Aceh Timur dalam sepekan terakhir, membuat jebolnya tanggul sungai kawasan Desa Jambo Reuhat, Kecamatan Banda Alam, Kabupaten Aceh Timur, semakin meluas, pada Rabu (13/01/2021) petang. Akibatnya pemukiman warga daerah itu terendam banjir.

Informasi yang diperoleh freelinenews.com, Kamis (14/01/2021) pagi, menyebutkan, tanggul sungai yang baru saja dilakukan normalisasi pada tahun anggaran 2019 tersebut, saat ini telah jebol lebih kurang 30 meter.

“Kejadiannya jebolnya  tanggul tersebut, telah lama. Namun kemarin sore sekitar pukul 17.00 WIB, jebolnya tanggul tersebut semakin meluas. Akibatnya, desa kami dan Desa Jambo Reuhat saat ini terendam,”kata Keuchik Blang Rambong Salmadi, kepada freelinenews.com melalui sambungan telpon.

Hal itu juga dibenarkan oleh pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Timur, kondisi air bah di Desa Jambo Reuhat bertambah tinggi. Upaya antisipasi terhadap warga yang terdampak banjir di kawasan dua desa itu, BPBD Aceh Timur telah mengirim Tim ke Kecamatan Banda Alam.

“Kemarin pihak kita telah berkoordinasi dengan Camat, dan kita telah meminta pihak Pemerintah Kecamatan untuk membuat dapur umum bagi warga yang mengungsi. Untuk logistik masa panik, kemarin telah disalurkan, dan hari ini ada penambahan dari Dinsos,” kata Kepala BPBD Aceh Timur, Ashadi saat dikomformasi freelinenews.com.

Tanggul Sungai Jambo Reuhat Kecamatan Banda Alam. Aceh Timur.

Katanya, upaya penangganan tanggul yang jebol, pihaknya akan menurunkan alat berat ke lokasi.”Jika memungkinkan, hari ini pihak kita akan menurunkan alat berat untuk perbaikan tanggul tersebut,” papar Ashadi.

Tambahnya, jika kondisi hujan terus bertambah, menjadi kendala untuk menurunkan alat berat ke lokasi, “Kita khawatir truk untuk mengendong alat berat akan terkendala. Namun demikian pihaknya akan terus berusaha untuk melakukan upaya penanganan tanggul tersebut,” pugkas Ashadi. (*)

Exit mobile version