Headline

Banjir Tahun Ini Kepung Ibu Kota Aceh Timur, Dua Rumah Tertimbun Longsor

FFREELINENEWS.com| Aceh Timur – Banjir terus mengepung Aceh Timur, jarang terjadi, banjir tahun ini juga merendam ibu kota Kabupaten Aceh Timur, Kota Idi Rayeuk, bahkan menjelang magrib, Sabtu (05/12/2020) air bah telah merendam kawasan simpang empat Kota Idi.

Air bah miulai naik sejak pagi tadi, karena meluap sungai Idi Rayeuk, terparah Desa Gampong Aceh , Keude Blang, Kuta Blang, ketinggian air diperkirakan mencapai 80 Cm.

“Jarang terjadi banjir besar seperti ini di Kota Idi, seingat saya belum pernah banjir merendam kawasan simpang empat Desa Kuta Blang (Simpang Empat jalan menuju Keude Dua dan Buket Itam Kecamatan Darul Ikhsan), banjir tahun ini tergolong parah,” kata Anggota DPRK Aceh Timur, M. Yahya YS atau yang akrap disapa Yahya Boh Kayee, kepada freelinenews.com.

Yahya Boh Kayee, selaku anggota DPRK Aceh Timur asal Idi, telah menyalurkan bantuan masa panik untuk dapur-dapur umum pada titik pengungsian di sekitaran Kota Idi. Informasi yang diperoleh dari Camat Idi Rayeuk, Iswandi, S.Sos, menyebutkan desa-desa yang terendam banjir, yakni Desa Gampong Aceh, Desa Kuta Blang, Desa Keude Blang, Desa Bantayan Timu, Desa Meunasah Puuk, Desa Buket Pala, Desa Titi Baro, Desa Seunubok Bace, Desa Seunubok Teungoh PP, Desa Dama Pulo, Desa Gampong Jawa, Seunubok Bace, Desa Buket Jok dan Desa Kuta Lawah.

“Saat ini titik pengungsian terjadi di beberapa titik. Gampong Aceh titik pengungsian di lokasi Masjid Lama Idi, SDN 7 Kuta Blang, Meunasah Kuta Blang, Meunasah Bantayan Timur, di Meunasah Puuk, Meunasah Titi Baro, Dayah Seubok Teungoh PP dan Meunasah Seunubok Bace,” sebut Iswanadi.

Camat Idi menambahkan, untuk Desa Buket Pala juga terjadi tanah longsor, dua unit rumah hancur, sementara di Desa Kuta Lawah satu unit rumah tertimpa pohon tumbang, “tidak ada korban jiwa dalam musibah ini,” ujar Camat Iswandi.

Iswandi juga mengatakan bahwa pihaknya bersama Mupika telah mengantar bantuan masa panik kepada warga yang tertimpa banjir. “Sementara untuk dapur umum di titik pengungsian juga telah kita antar bantuan,” pungkas Camat Idi Rayeuk, Iswandi, S.Sos. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.