by

Begini Caranya PNS Ini, Sukses Menekuni Budidaya Vaname di Kolam Tenda

Idi Rayeuk – Bak kata pepatah Aceh, “Menye Tatuoh Pelaku Boh Labu Juet Keu Asoe Kaya(Jika Tahu caranya, labu bisa kita jadikan srikaya). Bukan saja punya kemauan dan etos kerja, akan tetapi kreatifitas dalam memanfaatkan potensi daerah, juga salah satu faktor pendukung untuk menciptakan lapangan kerja di lingkungan kita sendiri.

Seperti yang dilakoni oleh seorang PNS Dinas Perikanan Kabupaten Aceh Timur, Abdul Azis, S.Pi, Ia suskses menjadikan perkarangan rumahnya sebagai lahan budidaya udang Vaname dengan menggunakan kolam tenda. Di Kawasan Calok Gelima Desa Gampong Jawa, Kecamatan Idi Rayeuk, Kabupaten Aceh Timur.

Dari hasil usahanya itu, Abdul Azis, setiap bulannya dapat meraih keuntungan sebasar Rp3.000.000. “Kegiatan ini telah saya geluti sejak setahun terakhir, dan saat ini saya mempunyai 4 unit kolam tenda, 2 unit berukuran 5 meter dan 2 unit lagi berukuran 3 meter,” sebut Abdul Azis kepada freelinenews.com, saat bertandang kerumahnya, Rabu (30/10/2019) pagi.

 

Cerita Abdul Azis, dalam kolam berukuran 5 meter itu, Ia menebarkan benur udang Vaname sebanyak 10 hingga 12 ribu.  Dalam masa pemeliharaan selama 90 hari, Ia mampu memanen lebih kurang 120 Kg, dengan ukuran size 50 hingga 60 ekor/Kg, harga jual mencapai Rp 50 ribu/ Kg.

“Tapi jarang sekali saya memanen hingga 90 hari (3 bulan), selama ini umur udang 60 hari sayaterpaksa memanen untuk kebutuhan udang umpang pancing, dengan harga jual lebih tinggi, dalam satu ons nya saya jual Rp 15 ribu,” papar Ayah anak tiga itu.

Tambahnya, budidaya udang dalam kolam tenda seperti yang digelutinya itu, sangat efektif dibandingkan dengan budidaya udang di kolam tambak. “Pasalnya budidaya udang Vaname di kolam tenda seperti ini dapat menghemat pakan, alias pakannya tidak terbuang sia-sia,” kata pria berkulit hitam itu.

Selain mengeluti budidaya udang Vaneme dalam kolam tenda, Abdul Azis juga menyediakan peralatan dan melayani pemasangan kolam tenda bagi masyarakat yang membutuhkannya. “Kita juga menyediakan peralatan kolam tenda dan dalam wilayah Aceh Timur, kita juga melayani pemasangan dan siap untuk memberi materi tata cara budidaya udang Vaneme menggunakan kolam tenda,” ketus Abdul Azis.

Tak diragukan lagi. Ternyata PNS Dinas Perikanan Aceh Timur ini, Ia telah lama memiliki ilmu budidaya udang yang dipelajarinya, dulunya pernah bekerja sebagai teknisi tambak udang di perusahaan udang raksasa Charoen Pokphand. Bahkan, Ia juga mengantongi sertifikat perusahaan asal Thailand itu.

Bagi Anda yang ingin memanfaatkan perkarangan rumah Anda untuk lokasi budidaya udang Vaname, jangan sungkan, silahkan hubungi Abdul Azis, alamatnya  di Dusun Calok Gelima Desa Gampong Jawa, Kecamatan Idi Rayeuk, Kabupaten Aceh Timur, atau hubungi nomor kontaknya: 085373161933.(*)

Comment

News Feed