AgribusnessCovid-19

Begini Kreatifitas Mahasiswa KKN Masa Pandemi

FREELINENEWS.com |Aceh Timur – Di tengah pandemi seperti sekarang ini, semua elemen harus berperan penting berkreatifitas untuk mengajak masyarakat menjaga protokol kesehatan, serta menumbuh kembangkan berbagai usaha rumahan, untuk cakupan kebutuhan nutrisi di tingkat rumah tangga.

Seperti dilakukan Mahasiswa KKN Universitas Malikussaleh Lhokseumawe, Kelompok 067, yang saat ini sedang menjalani kuliah kerja nyata di kawasan Kecamatan Julok, Aceh Timur. Selain mereka mengajak masyarakat untuk patuh protokol kesehatan, adek –adek mahasiswa juga memotivasi masyarakat untuk giat menanam tanaman obat keluarga (Toga) di perkarangan rumah mereka masing-masing.

“Alhamdulillah ini merupakan kegiatan kami pertama dalam rangka KKN di Desa Naleung Kecamatan Julok, Aceh Timur,” kata Mahlil Fahrozi Ketua Kelompok KKN 067 Universitas Malikussaleh LhokSeumawe, kepada freelinenews.com, Minggu (15/11/2020) siang.

Adapun jenis tanamannya herbal khas Indonesia yang ditanam, antara lain; Kunyit, Serai, Jahe, Lemon dan Lengkuas. Bibit tanaman herbal ini tergolong mudah didapati. “Kami mendapatkan bibit tanaman herbal ini dari teman kami yang juga anggota kelompok KKN 067,” papar Mahlil.

Kata Mahlil, menanam Toga ini merupakan salah satu alternatif untuk melakukan Pencegahan Penyebaran Covid-19, “meskipun ketika panen nanti kita tidak pernah tahu kapan Covid-19 ini berakhir, tetapi tanaman herbal ini akan tetap dibutuhkan dalam kondisi apapun,” ujarnya.

Diharapkan kepada masyarakat tetap merawat dan menjaga tanaman herbal yang telah dibudidayakan oleh Mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) kelompok 067 di Desa Naleung Kecamatan Julok Aceh Timur.

Adapun, Mahasiswa yang tergabung dalam kelompok 067 terdiri dari 7 orang anggota yaitu Mahlil Fahrozi, Marta Tania Safitri, Nurmarlina, Lia Zahra, Rizal, Muhammad Rafsanjani dan Faisal. Kelompok ini dipandu oleh Dosen pembimbing Lapangan (DPL) Dr. Adi Setiawan., S.T.,M.T.(*)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
error: Terimakasih, Tidak Melakukan Copy Paste