by

BKSDA Aceh Akan Pasang Papan Peringatan Buaya di Aceh Timur

FREELINENEWS.COM | BANDA ACEH – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh dalam waktu dekat ini akan memasang papan peringatan buaya di sungai Peureulak, Aceh Timur. Papan tersebut sebagai imbauan kepada masyarakat yang mendiami kawasan sungai tersebut.

Hal itu dikatakan Kepala BKSDA Aceh Sapto Aji Prabowo, kepada freelinenews.com, Rabu (12/6). Katanya sungai Peureulak merupakan habitat buaya di kawasan Kabupaten Aceh Timur.

“Pemasangan papan peringatan tersebut sebagai upaya untuk mengingatkan masyarakat untuk lebih waspada terhadap serangan buaya liar di daerah itu,” ujar Sapto.

Lanjut Sapto, terkait populasi buaya di sungai Peureulak, pihaknya belum dapat memastikan, karena selama ini belum dilakukan survey.

“Insya Allah di tahun depan, kita akan melakukan survey dan inventarisir populasi buaya di seluruh habitatnya di Aceh, mulai dari Aceh Tamiang, Aceh Timur, hingga ke Singkil,” papar Kepala BKSDA Aceh.

Ia mengingatkan masyarakat nelayan yang beraktifitas di sungai Peureulak dan warga yang berdomisili di pinggiran sungai untuk berhati-hati dan waspada terhadap serangan buaya liar.

“Dalam tahun 2019 ini, pihak kita telah menerima laporan serangan buaya liar di kawasan Sungai Peureulak Aceh Timur, sebanyak dua kali. Semoga kedepan hal ini tidak kembali terjadi, intinya masyarakat lebih waspada,” pungkas Sapto Aji Prabowo. (*)

Comment

News Feed