Breaking News

BKSDA Aceh Evakuasi Seekor Kucing Emas di Trumon

Banda Aceh – Tim Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh Seksi Wilayah II Subulussalam Resort 16 Trumon bersama Tim Concervation Response Unit CRU Trumon, Mitra WCS-IP, Koramil Trumon/ Polri dan masyarakat sekitar telah melakukan evakuasi terhadap satu ekor kucing emas  di Desa Ie Jeureuneh Kecamatan Trumon Teungah Aceh Selatan. Minggu (15/9/2019) petang.

Kepala BKSDA Aceh, Sapto Aji Prabowo mengatakan, untuk melakukan evakuasi kucing emas berjenis kelamin jantan tersebut, pihak BKSDA telah menurunkan seorang pawang. “Setelah berhasil dievakusi kucing emas tersebut diangkut ke resort 15 Tapak Tuan guna dilakukan pengecekan kesehatan.

“Jika kondisi kucing emas tersebut kondisi kesehatannya memungkinkan, maka akan dilepaskan kembali ke habitatnya, akan tetapi jika kondisinya sakit, maka akan dilakukan perawatan oleh tim medis di resort 15 Tapak Tuan,” kata Sapto Aji.

Menurut Tim BKSDA Trumon, kucing emas tersebut panjang 75 cm dengan berat badan diperkirakan 7 Kg. “Kucing emas merupakan salah satu jenis satwa yang dilindungi di Indonesia, dan satwa ini masih ditemukan di Aceh,” kata Kepala BKSDA Aceh.

Iklan

Menurut Wikipedia : Kucing Emas (Caracal aurata)  adalah jenis yang misterius dan sangat sulit di jumpai saat ini, sedikit sekali pengetahuan mengenai perilaku dan ekologi kucing jenis ini, termasuk populasi mereka di dalam kawasan. Pola hidup satwa ini belum diketahui secara jelas tidak seperti jenis kucing hutan lainnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.