Breaking News

Bupati Rocky Minta DLHK Aceh Timur Sosialisasi Kebersihan Berbasis Masyarakat

Aceh Timur – Bupati Aceh Timur, H. Hasballah, H. M. Thaib, SH, meminta Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan setempat untuk melakukan sosialisasi kebersihan berbasis masyarakat, kepada seluruh masyarakat yang bermukim di daerah perkotaan dalam wilayah ini.

Hal itu disampaikannya kepada Sekretaris DLHK Aceh Timur, Teuku Muhammad Yunus, di halaman Kantor Dekranas Aceh Timur, Rabu (11/9/2019), pagi. Katanya, sosialisai tersebut sangat penting, agar masyarakat yang bermukim di kawasan perkotaan dapat bereperan aktif dalam menjaga kebersihan kota.

“Masyarakat merupakan garda terdepan dalam menjaga kebersihan. Karena tanpa dukungan masyarakat DLHK juga tidak dapat berbuat banyak,” ujar Bupati Aceh Timur atau yang akrab disapa Rocky.

Kata Bupati, kebersihan berbasis masyarakat maknanya, masyarakat ikut membantu menjaga kebersihan dan keindahan kota, “Kita umat Islam harus bersih, karena kebersihan itu sebagian dari iman,” papar Rocky.

BACA JUGA : Suporter PS Peureulak Raya Besok Pagi Bertolak ke Gayo Lues

Tambahnya, jika DLHK telah menyediakan mobil pengangkut sampah, maka masing-masing rumah atau ruko dapat menyediakan tong sampah. “Jika DLHK telah menyediakan  kontainer sampah di tempat-tempat tertentu, maka masyarakat harus membuang sampah dalam kontainer, bukan diluar kontainer yang menjadikan sampah berserakan di jalan, dan menyulitkan petugas pengutip sampah,” harap eks kombatan itu.

Untuk itu, agar masyarakat ikut berperan menjaga kebersihan kota dan lingkungan masing-masing, maka DLHK harus eksis melakukan kampanye dan sosialisasi sadar kebersihan kepada masyarakat terutama yang bermukim di daerah perkotaan.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas DLHK Aceh Timur, Muhammad Amin,  melalui Sekretarisnya , T.M Yunus, kepada freelinenews.com mengaku, pihaknya saat ini mempunyai 12 unit armada pengangkut sampah yang tersebar di seluruh wilayah Aceh Timur.

“DLHK juga mempunyai 7 kontainer sampah yang telah ditempatkan di lokasi-lokasi strategis. Kita juga dalam waktu dekat ini akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk sadar kebersihan, sebagaimana arahan Bapak Bupati, yang telah disampaikannya,” pungkas T. M. Yunus. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.