Camat Idi Ajak Masyarakat Galakkan IDI BERSIH

Idi Rayeuk – Camat Idi Rayeuk, Iswandi, S.Sos mengajak masyarakat beberapa desa dalam wilayah Ibu Kota Kabupaten Aceh Timur, untuk sama-sama menciptakan lingkungan ibu kota kabupaten tertip bersih dan asri.

“Untuk mewujudkan ibu kota Aceh Timur bersih, tentunya membutuhkan peran utama masyarakat yang bermukim di desa-desa sekitaran perkotaan, untuk tidak membuang sampah sembarangan,” kata Camat Idi Rayeuk, Iswandi, S.Sos kepada freelinenes.com, di sela-sela meninjau lokasi tumpukan sampah di beberapa lokasi di Kota Idi, Selasa (08/10/2019) pagi.

Muat Lebih

Pihaknya juga dalam waktu dekat ini akan menggelar rapat dengan beberapa keuchik daerah perkotaan untuk mencanangkan program IDI BERSIH berbasis masyarakat desa sekitar kota.

“Selain program gotongroyog rutin yang akan kita canangkan setiap sepekan sekali, pihak kita dari Muspika dalam waktu dekat ini, juga akan menyurati semua pemilik toko di Kota Idi untuk dapat menyediakan tong sampah di depan ruko mereka masing-masing,” papar Iswandi.

Katanya, Program IDI BERSIH, yang dicanangkan pihaknya itu, bukan saja tanggungjawab Pemerintah, akan tetapi mayarakat juga harus berperan agar program ini berjalan dengan baik.

“Agar program IDI BERSIH ini dapat terelisasi dengan cepat, maka kita juga akan menyampaikan kepada seluruh keuchik untuk dapat mengupayakan, tong sampah di setiap dusun dari anggaran dana desa. Sehingga memudahkan masyarakat untuk mebuang sampah rumah tangga di desa masing-masing,” ketus Camat Idi.

Apabila perlu, pada tahun anggaran selanjutnya, Kata Iswandi, setiap desa daerah perkotaan dapat menyediakan satu unit becak pengangkut sampah.

“Becak itu nanti akan dioperasikan oleh petugas kebersihan khusus dari desa yang akan mengangkut sampah rumah tangga ke Tempat Penampungan Sementara (TPS), yang kemudian akan diangkat oleh petugas kebersihan DLHK,” papar Iswandi.

Terpenting, kata Pak Camat, program IDI BERSIH ini harus mendapat dukungan semua pihak. “Toh, Ibu Kota Kabupaten Aceh Timur ini adalah milik kita bersama, bukan milik pemerintah saja, jadi tidak mungkin orang lain datang ke sini menjaga kebersihan kota kita. Kalau bukan kita siapa lagi,” pungkas Camat Idi Rayeuk, Iswandi, S. Sos.(*)