News

Ditengah Pandemi, Kwarcab Pramuka Aceh Timur Gelar Aksi Selamatkan Sejuta Jiwa

FREELINENEWS.COM | IDI – Meski ditengah pandemi COVID-19,  Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Aceh Timur, berhasil mengumpulkan 75 kantong darah dengan tema Aksi Selamatkan Sejuta Jiwa.

Kegiatan sosial itu digelar dalam rangka memperingati Hari Pramuka Indonesia Ke-55 dan HUT Proklamasi Kemerdekaan Ke-75 Tahun 2020 itu dipusatkan di Lapangan Pusat Perkantoran Pemkab Aceh Timur di Idi, Rabu (19/8/2020).

“Alhamdulillah, dalam aksi donor darah menyelamatkan sejuta jiwa berlangsung sukses sesuai dengan protokoler COVID-19. Sedikitnya 75 kantong darah berhasil terkumpul dari pendonor Aceh Timur dari unsur TNI/Polri, ASN, PMR, Pramuka, OKP dan masyarakat,” kata Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Aceh Timur, Saiful Basri, M.Pd, kepada Waspada, Kamis (20/8/2020).

Aksi sosial itu telah dilaksanakan rutin setiap empat bulan, lanjutnya, namun karena pandemi COVID-19 kian mewabah, maka pelaksanaan donor darah dilaksanakan setiap momentum HUT Proklamasi dan Hari Pramuka Indonesia. “Darah yang terkumpul ini muda-mudahan dapat menutupi kebutuhan darah di RSUD Dr. Zubir Mahmud Aceh Timur dan RSUD Sultan Abdul Aziz Syah Peureulak,” sebut Saiful Basri.

Pelaksanaan donor darah ditengah pandemi ini  tetap mematuhi protokol kesehatan, yang telah ditetapkan Gugus Tugas Covid-19 Aceh Timur. “Sistem donor juga kita lakukan dengan cara antrian, agar tidak terjadi kerumunan dan social distancing tetap terpatuhi,”papar Saiful Basri,

Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Timur, H. M. Ikhsan Ahyat, S.STP, M.AP, melalui Asisten Pemerintahan Setdakab Aceh Timur, Syahrizal Fauzi, S.STP, M.AP, disela-sela aksi donor darah tersebut mengajak masyarakat menjaga kedesiplinan protokoler kesehatan, biasakan menggunakan masker beraktifitas di luar rumah, agar terhdindar dari wabah Corona, kata Stahrizal Fuauzi mengingatkan. (*)

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
%d bloggers like this: