Breaking NewsCovid-19

Dr. Edi Gunawan MARS : Kekompakan 3M dan 3T Pemutus Rantai Penyebaran Covid-19

FREELINENEWS.COM | ACEH TIMUR – Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Aceh Timur, dr. Edi Gunawan, MARS mengatakan, untuk memutuskan mata rantai penyebaran COVID-19 dibutuhkan kerjasama gerakan 3M (#PakaiMasker, #JagaJarak dan #CuciTangan) dan gerakan 3T (tracing, testing, treatment) yang lebih maksimal.

“Nah, untuk 3M nya ada di masyarakat dan 3T ada di petugas medis. Jika hal ini dapat terlaksana dengan kompak dan selaras, tanpa ada yang saling menyalahakan, Insya Allah pemutusan mata rantai penyebaran COVID-19 akan lebih cepat,” kata dr. Edi Gunawan kepada freelinenews.com melalui sambungan telepon, Jumat (23/10/2020) pagi.

Sambung dokter yang bertugas sebagai Direktur RSUD Zubir Mahmud Aceh Timur tersebut, kerjasama masyarakat dalam mematuhi dan sadar akan prokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah merupakan salah satu kunci sukses untuk melawan penyebaran virus corona.

“Masyarakat adalah garda terdepan dalam melawan ancaman virus corona ini. Sedangkan petugas kesehatan juga harus sigap dengan gerakan 3T yakni (tracing, testing, treatment) atau mencari yang positif, tidak hanya menunggu, kemudian dites. Jika kedapatan positif, maka langkah isolasi yang harus segera dilakukan agar tidak menularkan kepada orang lain,” papar dr. Edi Gunawan.

Ia berharap, gerakan 3M dan 3T ini terjalin dengan baik di Aceh Timur. Biasakan prilaku #PakaiMasker, #JagaJarak, dan #CuciTangan. “Sehingga daerah kita dapat segera terbebas dari ancaman virus corona yang telah memberi efek negatif terhadap semua aspek,” kata dr. Edi Gunawan.

Selanjutnya, Ia juga menjelaskan update Covid- 19 Aceh Timur per tanggal 23 Oktober 2020, Total orang dalam pemantauan (ODP/suspek) : 106. Dalam Pemantauan :8. Selesai pemantauan: 98, Total Pasien dalam Pengawasan (PDP/suspek) :19. PDP /suspek dalam perawatan : 3.  Selesai perawatan (PDP/suspek) :16. Total Covid-19 komfirmasi :78. Covid-19 (+)/Kasus komfirmasi :13.  Isolasi Mandiri di rumah : 12. Dalam Perawatan RSUDZM Aceh Timur : 1 kasus Aceh Utara. Dalam Perawatan RSUD ZA :1. Total Covid-19 (-) sembuh dan selesai pemantauan: 65 orang. Dan Meninggal dunia :4 orang. (*)

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
%d bloggers like this: