HeadlineReligi

DR. Tgk H. Gunawan Adnan : “Puasa Bertujuan Mamanusiakan Manusia”

New Safari Ramadhan Pemerintah Aceh 1442 H

FREEINENEWS.com | Aceh Timur – “Puasa Bertujuan Memanusiakan Manusia” adalah tema ceramah Ramadhan yang disampaikan oleh Ustaz DR. Tgk H. Gunawan Adnan, M. A. Ph.D, dalam Safari Ramadhan Pemerintah Aceh di Masjid Darul Falah Peudawa, Aceh Timur, Sabtu (17/04/2021) malam.

“Semua jenis ibadah yang Allah SWT perintahkan kepada hambanya, itu semua mengandung nilai-nilai edukuasi dan nilai-nilai kesempurnaan bagi manusia itu sendiri. Mulai dari salat yang dapat mencegah manusia dari perbuatan keji dan mungkar,” kata Ustaz Gunawan  Wakil Rektor 1 UIN Ar- Raniry Banda Aceh, sebagai penceramah di Tim BPKA Safari Ramadhan Pemerintah Aceh ke Aceh Timur.

Iklan

Sambungnya, demikian halnya dengan ibadah puasa, Kata DR. Gunawan, nilai edukuasi yang terkandung dalam ibadah puasa, di mana Allah ingin menjadikan manusia tidak kembali lagi kepada posisi paling rendah, firman Allah SWT;

Sungguh, Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya. Kemudian Kami kembalikan dia ke tempat yang serendah-rendahnya (neraka), kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh; maka bagi mereka pahala yang tiada putus-putusnya. (QS. At-Tin: 4-6).

Lanjutnya, Kemudian Allah SWT berfirman dalam surat Al- A’raf 179, bahwa manusia itu lebih sesat dari hewan ternak atau binatang.

“Maka agar kita tidak lebih sesat dari binatang, Allah mengirimkan kepada kita beberapa ibadah, termasuk ibadah puasa. Dalam Ibadah puasa kita disuruh latih nafsu kita, karena nafsu ini yang membuat kita sama dengan binatang. Pada binatang nafsu tidak terkontrol, jika manusia tidak dapat mengelola nafsunya dengan ibadah puasa, maka dia sama dengan binatang. Malah manusia lebih kejam dari binatang,” papar putra kelahiran Beureunuen tersebut.

Sambungnya,  jika binatang sudah kenyang. lalu tidur, ia mencontohkan, seekor harimau bila sudah kenyang tidur, besok-lusa, ketika lapar baru cari lagi mangsanya yang dapat dimakan.”Tapi manusia tidak, 24 jam dia cari harta bertumpuk-tumpuk, tidak ada urusan dengan orang lain, mati-matilah,” tegas Ustaz Gunawan dalam tauziahnya.

Maka Allah menjadikan Ramadhan, kata Ustaz Gunawan, agar manusia bisa menahan nafsunya dan bertakwa kepada Allah SWT.

Ustaz DR. Tgk H. Gunawan Adnan, M. A. Ph.D

“Sesungguh makna puasa itu manahan diri. Jika mampu menahan nafsunya, maka manusia tersebut akan terbebas dari sifat kebinatangannya. Manusia yang dulunya keras, tidak peduli orang lain, berbuat jahat dengan mengedepankan nafsunya, maka dengan berpuasa, akan  menjadi manusia yang peduli dan yang mau membantu orang susah, pakir miskin dan anak -anak yatim di bulan yang mulia ini,” pungkas Ustaz Gunawan alumni Fakultas Ethnology,  Universitas Georgia Augusta, Goettingen – Germany.

Safari Ramadhan Pemerintah Aceh ke Aceh Timur, pada Sabtu (17/04/2021) terbagi dalam tiga tim safari, Tim BPKA berpusat di Masjid Darul Falah Peudawa dengan penceramah; DR. Tgk H. Gunawan Adnan, M. A. Ph.D, Kelompok BPSDM berpusat di Masjid Peudawa Puntong dengan penceramah Ustaz DRS Ridwan Ibrahim, MAG,  dan Tim Satpol PP Aceh di Masjid Gampong Beusa Peureulak Barat, Aceh Timur. (*)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
error: Terimakasih, Tidak Melakukan Copy Paste