Headline

Innalillahi wainnailahi Rajiun: Tokoh GAM Abu Sanusi Meninggal Dunia

إِنَّا لِلَّٰهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ‎,

FREELINENEWS.com | Peureulak – Tgk. Sanusi Bin Muhammad, atau lebih dikenal dengan nama Abu Sanusi adalah tokoh pejuang Gerakan Aceh Merdeka1976. Mantan Panglima GAM Wilayah Peureulak tersebut, beliau meninggal dunia di kediamanannya di Desa Kruet Lintang, Kecamatan Peureulak, Aceh Timur, Selasa (29/12/2020) sekira pukul 8.00 WIB.

Menurut informasi yang diperoleh freelinenews.com, almarhum telah lama dalam kondisi sakit dan selama ini hanya di rumahnya saja. Almarhum adalah salah satu anggota pasukan Gerakan Aceh Merdeka dari tahun1976–2005. Dan beliau salah satu panglima wilayah 1 Peureulak yang langsung di nobatkan oleh yang mulia Almarhum Wali Nangroe Aceh Tgk DR. Tgk Muhammad Hasan di Tiro.

Iklan

Pasca perdamaian Aceh pada tahun 2005, beliau juga dinobatkan sebagai Ketua Komite Peralihan Aceh (KPA) Wilayah Peureulak (2005-2012), kemudian pada tahun 2007 ketika Partai Aceh pertama berkibar di bumi Serambi Mekka ini, beliau juga di angkat sebagai Ketua DPW- PA Kabupaten Aceh Timur pada tahun 2007- 2011.

Selanjutnya, almarhum, seorang pria yang ramah tersebut juga pernah menjabat Anggota Majelis Tinggi Partai Nasional Aceh (PNA) (2012–2017). Almarhum adalah tokoh GAM yang sangat disegani dikalangan KPA.

Informasi yang diperoleh Freelinenews.com, almarhum Tgk Sanusi Bin Muhammad adalah satu-satunya Panglima GAM yang paling dekat dengan Wali Nanggroe almarhum Tgk Muhammad Hasan di Tiro. Abu Sanusi adalah salah satu Penglima GAM di Aceh yang paling sering berkomunikasi dengan almarhum Tgk DR. Muhammad Hasan di Tiro, ketika beliau masih di pengasingan di luar negeri atau di Sweden.

Mari kita sama-sama mengirim doa dan bacaan surat Al Fatihah kepada Almarhum Tgk Sanusi Bin Muhammad. Semoga beliau khusnul khatimah dan mendapat syurga Allah SWT di akhirat nanti. Amin. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
error: Terimakasih, Tidak Melakukan Copy Paste