Breaking News

IPKM Aceh Timur Peringkat Terendah di Provinsi Aceh 2018

“Dukungan lintas sektor terkait dalam meningkatkan indikator- indakator capaian kesehatan masyarakat merupakan langkah dan sikap untuk meningkatkan peringkat IPKM di wilayah ini.”

Aceh Timur – Indek Pembangunan Kesehatan Masyarakat (IPKM) Kabupaten Aceh Timur tahun 2018 menduduki perikat ke 23 atu terendah dari kabupaten / kota lainnya di Provinsi Aceh. Hal itu berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Rikesdas)  Kementrian Kesehatan Reuplik Indonesia tahun 2018.

Kabid Kesehatan Masyarakat, Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Timur, Zainal Abidin, SKM, M.Kes, saat diwawancarai freelinenews.com, Minggu (25/8) malam, mengakui bahwa IPKM Aceh Timur tahun 2018 mempunyai peringkat terendah di Provinsi Aceh.

“Untuk Propinsi Aceh  IPKM kita berada di peringkat ke 23 dengan nilai 0.5492, tahun 2013 peringkat 23 dengan nilai 0.4215, di tahun 2007 peringkat 14 dengan nilai 0.4258,” sebut Zainal.

Sedangkan untuk peringkat Kabupaten/ kota se Indonesia Aceh Timur menduduki peringkat 424 tahun 2018. “sedangkan di tahun 2013 Aceh Timur menduduki peringkat 463 se Kabupaten/kota se Indonesia,” papar Zainal.

Lanjut Zainal, dukukungan lintas lintas sektor terkait dalam meningkatkan indikator- indakator capaian kesehatan masyarakat merupakan langkah dan sikap untuk meningkatkan peringkat IPKM di wilayah Kabupaten Aceh Timur.

“Karena dari 30 indikator-indikator 2018, bukan semuanya dibidangi oleh Dinas Kesehatan, akan tetapi banyak indikator lain peranannya ada di instasi terkait lainya,” ketus Zainal.

Kata Zainal, kedepan ini peran lintas sektor merupakan sebuah kunci sukses dalam meningkatkan Indek Pembangunan Kesehatan Masyarakat IPKM di daerah ini.

“Contohnya, indikator pelayanan kesehatan terkait Posyandu itu berada di bawah kendali Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong (DPMG), indikator kesehatan lingkungan terhadap pengadaan air bersih itu ada di PU dan Bapeda.,” papar Zainal.

Tambahnya, selain peran Dinas Kesehatan yang membidangi banyak indikator IPKM. Sarana penunjang dan peran lintas sektor terkait yang membindangi sebagian indikator IPKM merupakan hal yang sangat penting. (*)

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
%d bloggers like this: