Covid-19

Jubir Satgas Covid Aceh Timur : Jangan Takut Swab dan Vaksin

FREELINENEWS.com | Aceh Timur – Juru bicara Satgas Covid- 19 Kabupaten Aceh Timur, dr. Edi Gunawan, MARS, mengajak masyarakat tidak takut swab bila ada gejala yang menyerupai Covid-19, karena swab. Karena swab adalah cara untuk menditeksi awal terhadap infeksi Covid-19 dan dilakukan secara gratis.

“Swab termasuk program 3T (testing, tracing, treatment) yang dilakukan Pemerintah untuk memutuskan mata rantai penyebran Covid-19. Untuk itu masyarakat tidak perlu takut, bila mengalami gejala pilek, flu dapat melakukan swab atau rapid tes antigen di Puskesmas terdekat yang telah disedikan secara gratis oleh Pemerintah,” kata dr. Edi Gunawan, kepada freelinenews.com, Rabu (21/07/2021) pagi.

Edi Gunawan juga mengajak masyarakat yang belum vaksin Covid-19 untuk segera melakukan vaksin di gerai-gerai vaksin yang telah disediakan Pemerintah.”Di daerah kita masayrakat dapat mendapatkan vaksin covid-19 sevcara gratis di Puskesmas terdekat, Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Timur, Garai Vaksin Polres Aceh Timur, dan Gerai BPBD Aceh Timur,” sebut Jubir Satga sCovid-19 yang juga Direktur RSUDZM Idi.

Katanya, Program Vaksinasi Covid-19 yang dilakukan Pemerintah untuk mencapai herd immunity atau kekebalan kelompok.”Banyak masyarakat kita yang mengaku takut divaksin, padahal manfaat vaksin Covid-19 sangat bagus bagi anak-anak hingga lansia,” ujar dr. Edi Gunawan.

Iklan

Tambah dr. Edi, ada tiga manfaat penting dari vaksin covid-19, yang pertama mencegah terkena atau mengalai gejala Covid-19, yang kedua dapat menghentikan penyebaran Covid-19, dan yang ketiga dapat membantu melindungi orang lain dan generasi selanjutnya.”Ketika herd immunity pada setiap kelompok telah kuat, maka kita telah ada kekebalan terhapap virus, dan Covid-19 akan menjadi flu biasa di masa akan datang, serta pendemi ini kan segera berakhir,” jelas dr. Edi.

Dr. Edi Gunawan juga mengimbau kepada seluruh masyarakat Aceh Timur untuk terus memperkuat dalam menjaga Protokol Kesehatan yang lebih meningkat. “Selalu pakai masker, cuci tangan dengan air mengalir dan jaga jarak, serta tingkatkan peran Posko PPKM di setiap desa,” pungkas Jubir Satgas Covid-19 dr. Edi Gunawan. []

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.