Berita

Kesbangpol, OPD Terbaik Pengumpulan Zakat, Nurussalam Peringkat Tiga

FREELINENEWS.com | Aceh Timur – Kebangpol Kabupaten Aceh Timur meraih piagam penghargaan Baitul Mal setempat, katagori Unit Satuan Kerja Terbaik dalam hal Pengumpulan Zakat untuk Tahun 2020.

Ketua Baitul Mal Aceh Timur, Tgk. H. Hasanuddin Yunus, SE, disela-sela acara penyerahan piagam tersebut, di aula kantor Baitul Mal, Selasa (29/12/2020), selama Tahun 2020, baitul Mal Kabupaten Aceh Timur telah telah merekapitulasi penerimaan dan penyaluran Zakat, Infaq dan Sadaqah, dengan total ZIS sebesar Rp. 6.004.813.600 dengan rincian saldo Tahun 2019 Rp. 1.356.690.139,65.

Iklan

Lanjutnya, pemasukan Zakat Rp. 4.648.123.461. Pemasukan Infaq Rp. 468.979.974. Infaq Perusahaan Rp. 118.233.826 dan Sadaqah Rp. 10.062.974. Sedangkan untuk penyaluran ZIS dilakukan sebanyak tiga tahap selama Tahun 2020 ini dengan total Zis yang disalurkan mencapai Rp. 4.748.653.625 ( Empat Miliar tujuh ratus empat puluh delapan juta enam ratus limapuluh tiga ribu enam ratus duapuluh lima Rupiah).

“Harapan kita kedepan, sebagaimana pasan Bapak Bupati Aceh Timur, kepada OPD dapat memaksimalkan penyetoran ZIS termasuk kepada pihak rekanan atau pengusaha lainnya dalam Kabupaten Aceh Timur. Sehingga  penerimaan ZIS untuk Tahun mendatang bisa lebih meningkat lagi,” harap Tgk H. Hasanuddin.

Sementara itu, Bupati Aceh Timur dalam amanatnya yang dibacakan oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Drs. M. Yasin menghimbau serta mengajak seluruh OPD dan seluruh pihak termasuk rekanan dan Swasta untuk selalu menyetorkan ZIS mereka secara rutin kepada Baitul Mal.

Selain Badan Kesbangpol yang meraih Anugerah Zakat terbaik pertama, disusul oleh Badan Pengelola Keuangan dan Kekayaan daerah Kabupaten Aceh Timur dan di tempat ketiga diraih oleh Dinas Syari’at Islam.

Sementara untuk Kecamatan yang menerima anugerah zakat terbaik pertama diraih oleh Kantor Kecamatan Birem Bayeun, posisi kedua Kantor Kecamatan Darul Aman dan di tempat ketiga diraih oleh Kantor Kecamatan Nurussalam. Selain piagam anugerah zakat, pihak baitul Mal Aceh Timur juga memberikan dana pembinaan kepada masing-masing penerima Zakat Award. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
error: Terimakasih, Tidak Melakukan Copy Paste