Langkah Bupati Rocky Tingkatkan Ekonomi Rakyat Sektor Perikanan (Bagian I)

Bupati Aceh Timur H. Hasballah Bin H.M. Thaib, SH bincang serius dengan Menteri Kelauatan Dan Perikanan Republik Indonesia Edhy Prabowo, S.E.,M.M.,M.B.A diruang kerjanya, Jakarta, Senin 10 Februari 2020. (Foto Bagian Humas Dan Protokol Setdakab Aceh Timur)

Aceh Timur – Tak kenal lelah dan semangat pantang menyerah adalah salah satu komitmen Bupati Aceh Timur H. Hasballah H. M. Thaib dalam meningkatkan perekonomian rakyat disegala sektor.

Langkah gesitnya tidak berhenti dalam mencari dan menggalang dukungan untuk membangkitkan potensi daerah sebagai sumber ekonomi rakyat. Bukan saja ditingkat Provinsi, justru garak langkahnya terus meniti tangga-tangga kantor kementrian di Negara Republik Indonesia ini.

Read More

Baru-baru ini, sang mantan kombatan tersebut, tak seagn-segan memaparkan potensi perikanan Aceh Timur di depan Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, Edhy Prabowo, S.E.,M.M.,M.B.A di Jakarta.

Kepada Menteri Edhy Prabowo, baru-baru ini, Bupati Rocky dengan semangat positif, Ia meminta Pemerintah Pusat  untuk membangun kembali  sarana dan prasarana di 16 dermaga perikanan utama yang tersebar di wilayah kabupaten Aceh Timur.

Tak tangung-tanggung dalam pertemuannya dengan Menteri Kalautan dan Perikanan Republik Indonesia, Bupati Aceh Timur mengusulkan pengadaan kapal keruk muara kuala untuk dialokasikan ke daerah ini.

“Kita sangat optimis, jika semua Tempat Pendaratan Ikan (TPI) di seluruh pesisir Aceh Timur dapat difungsikan dengan maksimal, maka dengan segera berkembang dan maju, dan ekonomi masyarakat nelayan dengan sendirinya akan meningkat,” papar Bupati Rocky.

Dari hasil audiensi itu, Bupati Rocky mengatakan Menteri Edhy Prabowo menyambut baik  aspirasi yang disampaiakannya tersebut. Menyahuti potensi perikanan Aceh Timur, maka dalam waktu dekat ini, Menteri Edhy akan segera menurunkan tim untuk melakukan survei.

“Alhamdulillah potensi kelautan dan perikanan daerah kita yang telah kita sampaikan tersebut, mendapat respon serius oleh Pak Menteri. Semoga saja langkah yang kita lakukan ini, kedepan dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat kabupaten Aceh Timur,” pungkas Bupati Rocky.

Adapun 16 Tempat Pedaratan Ikan (TPI) yang dipaparkannya, yakni TPI  Madat,  Kuala Simpang Ulim, Pesisir Julok , Tepin Pukat (Nurussalam),  Seneubok Baroh (Darul Aman),  PPN Idi Rayeuk, Kuala Peudawa (Peudawa), Alue Bu Jalan Baroh ( Peureulak Barat).

Selanjutnya dermaga Alue Lhok ( Peureulak Timur), Labuhan Kede( Sungai Raya) dan  PPI Rantau Panjang (Rantau Selamat). Sementara di  kecamatan  Peureulak meliputi  Kuala Leuge, Seneubok Aceh, Kuala Bugak, Paya Lipah, dan Matang Peulawi. (*)

Leave a Reply