Covid-19Headline

Medco Sumbang Alat PCR SET ke RSUDZM Idi

FREELINENEWS.com | Aceh Timur : Dengan Dua Alat PCR SET dan TCM GEN EXPERT, Rumah Sakit Umum Daerah  dr. Zubir Mahmud (RSUDZM) Idi, Aceh Timur telah dapat melakukan tes swab Covid-19 dengan cepat.

Direktur RSUDZM Idi, dr. Edi Gunawan, MARS saat ditemui freelinenews.com di ruang kerjanya Senin (24/05/2021) siang mengatakan, bahwa RSUDZM Idi saat ini mempunyai  dua alat tes cepat Covid-19, yakni PCR SET Bantuan PT. Medco E&P Malaka dan TES CEPAT MOLEKULER (TCM) GENEXPERT,” sebut dr. Edi Gunawan.

Iklan

Sebuntya, PCR SET Bantuan PT. Medco E&P Malaka dengan harga miliaran itu dapat melakukan tes cepat dengan mendapatkan hasil 6 – 8 jam. Sedangkan alat TCM GEN EXPERT. “Alat ini  awalnya untuk pemeriksaan kuman TBC, tetapi setelah menggunakan katrid khusus untuk tes virus Covid-19, bisa digunakan juga untuk mendeteksi adanya virus Covid-19, dangan waktu sangat cepat yaitu 1,5 jam,” papar Direktur RSUDZM Idi.

Alat PCR SET

Tambah dr. Edi Gunawan, untuk Alat PCR SET, dan Alat TCM GENEXPERT dapat dioperasikan setelah proses yang sangat panjang sejak akhir tahun 2020 sampai Maret 2021.

“Setelah pihak kita melakukan proses perizinan selama satu bulan melalui devisitasi Tim Dinkes Aceh Timur dan dilanjutkan visitasi Dinkes Aceh. Kemudian kami mengirim tenaga Lab RSUDZM dan dokter specialis patologi klinik  untuk magang ke Litbangkes Banda Aceh, dan diteruskan ke Litbangkes Kemenkes Pusat. Kini kedua alat itu telah dapat dioeprasikan,” paparnya.

Lanjut edi Gunawan, kendati pun dua alat tes swab tersebut telah dapat dioperasikan, akan tetapi RSUDZM masih kekurangan 3-4 orang personil, agar pengoperasian dua alat terseut lebih maksimal lagi,” pungkas dr. Edi Gunawan. (*)

Baca Ulasan Referensi Penggunaan TCM GENEXPERT Untuk Tes Covid-19  : Mesin TCM- TB untuk Covid-19 Sudah Bisa Digunakan

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button