oleh

Menguak Manfaat Brahmi Untuk Kesehatan Otak Anda

Pengobatan herbal telah dikenal untuk mengobati penyakit yang tak terhitung banyaknya selama berabad-abad, hingga hari ini praktek herbalis untuk menyeimbangkan berbagai sistem dalam tubuh terus dilakukan oleh masyarakat kita dan ahli-ahli herbalis.

Pada artikel freelinenews.com ini, ingin mengetengahkan salah satu ramuan untuk kesehatan Anda semua, yaitu Brahmi (India), Pegagan (Centella asiatica), tapak kuda (jawa), peugaga (Aceh-red). Pegagan adalah tanaman herbal berbentuk kecil dengan banyak cabang, dan menjalar. Pegagan banyak ditemukan pada ketinggian dari permukaan laut ke ketinggian 4400 kaki. Biasanya pohon yang berasal dari India tersebut tumbuh secara alami di tanah basah, dilahan sawah, kebun perkarangan kita masing-masing.

Tahukah Anda, bahwa pegagan itu salah satu ramuan terapi yang sering digunakan sebagai penambah daya ingat, afrodisiak, tonik kesehatan. Seperti dikutip dari food.ndtv.com, bahawa Brahmi itu sangat baik untuk meningkatkan fungsi otak dan memperkuat daya ingat Anda. Pegagan memiliki sifat dingin yang membuat pikiran tetap tenang dan bebas dari kecemasan. Sering kosumsi pegagan juga meningkatkan kualitas tidur. Berikut ini delapan manfaat luar biasa dari pegagan. Dengan pegagan anda akan selalu hidup sehat :

  1. Pegagan dapat digunakan untuk mengurangi stres dan kecemasan. Karena Pegagan dapat mengurangi hormon strees atau kortisol. Brahmi dapat juga menangkal efek stres dengan mengatur hormon yang terlibat dengan respons stres di otak anda.
  2. Pegagan dikenal juga untuk membantu meringankan gejala penyakit Alzheimer (penurunan daya ingat) karena adanya senyawa amiloid dalam neuron yang bertanggung jawab untuk merusak otak. Kandungan bacosides pada pegagan membantu membangun kembali jaringan otak dengan memengaruhi sel-sel otak.
  3. Pegagan membantu meningkatkan daya ingat Anda. Ini memiliki efek positif pada bagian hippocampus otak untuk membangkitkan kecerdasan otak berpikir, konsentrasi, dan memori penyimpan ingatan yang baik.
  4. Pegagan juga mengandung antioksidan yang penting untuk kesehatan tubuh Anda. Antioksidan membantu menghilangkan radikal bebas yang selanjutnya dapat bermutasi menjadi sel kanker.
  5. Konsumsi Pegagan secara teratur membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda. Banyak nutrisi bersama dengan senyawa antioksidan membantu meningkatkan waktu respons sistem kekebalan tubuh kita terhadap berbagai penyakit.
  6. Pegagan juga bisa menjadi herbal yang paling bagus untuk radang sendi, asam urat dan kondisi peradangan lainnya. Ini juga membantu meredakan tukak lambung dan mengobati sindrom iritasi usus.
  7. Pegagan juga dikenal untuk mengatur kadar gula darah pada pasien dengan diabetes dapat membantu meningkatkan gejala hipoglikemia.
  8. Nah yang terakhir, ternyata pegagan sangat bagus untuk kecantikan. Minyak Pegagan atau di India sering disebut Minyak Brahmi sangat bagus untuk merawat kulit kepala yang kering dan mencegah rambut rontok. Komponen antioksidan tidak hanya membantu meremajakan kulit kepala Anda tetapi juga mempromosikan regenerasi rambut yang sehat. Antioksidan ini juga membantu menghilangkan semua racun dari tubuh dan meningkatkan warna kulit Anda dengan merangsang regenerasi sel. Brahmi baik untuk mengobati masalah rambut seperti ketombe, gatal dan pembentukan ujung rambut bercabang. Apalagi memijat kulit kepala dengan minyak Pegagan dikenal sangat menenangkan.
  9. Keloid yang terjadi akibat bekas luka operasi tenyata dapat diobati dengan pegagan, dan pegagan juga dapat mengobati selulit yang sering diaraskan oleh permpuan dimana Selulit adalahsuatu kondisi yang memengaruhi penampilan kulit di area dengan timbunan lemak (paling jelas di bokong dan paha dan perut), yang membuat kulit tampak berlesung dan bergelombang. Tutin minum teh pegagan selulit Anda akasn segera hilang dan Anda akan lansing kembali.
  10. Pegagan juga dapat membasmi jerawat dan bekasnya. Sifat antibakteri, antiinflamasi, antimikroba, dan antioksidannya membuat pegagan membantu menyembuhkan jerawat serta bekasnya.

Masyarakat Aceh sejak dari dahulu kala telah menggunakan dauh pegagan atau Brahmi sebagai lalapan atau sambai pegagan. Tenyata daun pegagan jika dijadikan teh, Anda akan menadapatkan secangkir teh segar di keluarga Anda, apalagi dicampur madu, Insya Allah strees dan kecemasan Anda akan segera hilang.(*)

Komentar

News Feed