Headline

Meusanuet, 16 Stand Kuliner Aceh Timur Tampil di Festifal Kuliner di Peureulak

Aceh Timur – 16 stand kuliner khas Aceh Timur tampil di ajang Festival Kuliner Aceh Timur Tahun 2022 yang dipusatkan di Komplek Museum Rumoh Aceh, Kota Peureulak, Selasa (09/08/2022) pagi.

“Festival kuliner ini diselenggarakan untuk memperkenalkan masakan Kuliner Aceh Timur kepada dunia. Sebagaimana kita kethaui  Aceh Timur  merupakan salah satu  daerah yang kaya dengan aneka kuliner,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh, Almuniza Kamal saat membuka acara tersebut.

Lanjutnya, festival kuliner Aceh Timur juga merupakan festival dan pameran makanan khas Aceh Timur yang bertujuan untuk menjaga dan melestrikan kuliner tradisional sebagian warisan budaya Aceh.

Ia menyebutkan sebanyak 16 stand yang menampilkan beragam kuliner khas tersebut diantaranya  stand kuah sie kameng, eungkot sure teuphep, pempeng masak mirah, rujak arakundo, ikan goreng bandeng tanpa duri dan ragam kuliner khas Aceh Timur lainnya.

Pemotongan Pita Festivel Kuliner Aceh Timur. Foto Ist

Selain menyajikan produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, juga menggelar berbagai atraksi budaya seperti menampilkan bazar, dan talkshow kuliner,  lomba puisi dan mewarnai, serta penampilan seni dan tradisi.

Kegiatan Festival Kuliner Aceh Timur tersebut akan berlangsung, 9 hingga 10 Agustus. Pelaksanaan juga dibarengi dengan peresmian Museum Rumoh Aceh, yang dibangun Tahun 2021 lalu.

Ia berharap, event tersebut akan menjadi wadah edukasi untuk masyarakat serta dapat memberikan dampak positif bagi pengembangan tradisi kuliner dan promosi pariwisata Aceh kedepan.

“Harapan kita festifal ini berlangsung meriah, dan kami mengucapkan terima kasih atas  kerjasama semua pihak. Mari tetap menjaga kebersihan selama acara ini dilaksanakan,” demikian  Almuniza Kamal.

Ikut Hadir pada pembukaan Festival Kuliner Aceh Timur di Peureulak, Plt Sekda Aceh Timur, Kepala Dinas Pariwisata Aceh, Anggota DPR Aaceh Iskandar Usman Al Farlaky dan sejumlah unsur SKPD Aceh Timur. []

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.