Pawang Ki Terpilih Sebagai Panglima Laot Lhok Kuala Idi

FREELINENEWS.COM | IDI – Abdul Bakri alias Pawang Ki terpilih sebagai Panglima Laot Lhok Kuala Idi, dalam pemilihan panglima laot yang dilaksankan di PPN Kuala Idi, Kamis (15/8). Pawang Ki unggul dengan perolehan 101 suara dari 121 suara sah. Seementara rivalnya Sulaiman AB alias Pawang Leman calon nomor urut 02 hanya memperoleh 20 suara.

Prosesi perhitungan suara selain disaksikan para toke boat dan pawang, juga disaksikan oleh Panglima Laot Kabupaten Aceh Timur, Kepala UPT Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Kuala Idi, Mewakili Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Aceh Timur, Kepala Satpol Air Aceh Timur, Danlanal Kuala Idi (mewakili), serta unsur adat lainnya.

Amatan freelinenews.com, prosesi pemilihan Panglima Laot Lhok Kuala Idi,periode 2020-2025 berlangsung demokrasi dengan jumlah DPT 130 pemilih dan yang tidak hadir sebanyak 9 pemilih. “Alhamdulillah prosesi pemilihan Panglima Laot Lhok Idi, berlangsung aman dan sukses,” kata Ketua Panitia Pemilihan H. Husaini.

Sementara itu, Pawang Ki Panglima Laot Lhok Idi terpilih usai prosesi pemilihan mengatakan, bahwa dirinya kedepan akan melaksanakan, tugasnya sebagaimana sesusi dengan wewenang dan tupoksinya sebagai panglima laot yang akan memelihara dan mengawasi pelaksanaan adat istiadat dan hukum adat laot.

[artikel number=3 tag=”https://freelinenews.com/besok-dua-pawang-senior-ikut-bursa-calon-panglima-laot-lhok-idi/”]

“Kita juga akan membantu Pemerintah daerah dalam meningkatkan sektor perikanan kelautan, dan dapat meneyelesaikan segala bentuk perselisihan sengketa adat adat laot, serta ikut menjaga kelestarian kawasan pesisir dan laut,” ujar Pawang Ki.

Ia juga berterimakasih kepada semua pihak yang telah mempercai dirinya sebagai Panglima Laot Lhok Idi, periode 2020-2025. “Untuk itu saya juga memohon dukungan dan saran dari semua pihak, agar lembaga adt laot ini dapat berjalan dengan baik dan maksimal,” pungkas Pawang Ki. (*)