Pemkab Aceh Timur dan PLN Tandatangani MoU PPJ

Aceh Timur – Pemerintah  Kabuaten Aceh Timur menandatangani Memorandum of Understanding (MoU)  dengan PT.PLN terkait Pemungutan, Penyetoran  Pajak Penerangan Jalan, pembayaran rekening lampu penerangan jalan umum, serta listrik pemerintah Kabupaten Aceh Timur.

Penandatangan nota kesepahaman tersebut dilaksanakan  Kamis (13/02/2020) pagi tadi di Aula Dekranasda Aceh Timur, langsung dilakukan oleh Bupati Aceh Timur, H. Hasballah. H. M. Thaib, SH, dihadiri  juga Plt.Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Aceh Timur,  M.Amin, SH, MH, Plt. Badan Pngelolaan Keuangan Daerah , Zulfikar, SE, M.AP , Manager UP3 Langsa Hariadi Fitrianto, dan pihak Managemen  PLN Idi Rayeuk.

Read More

Bupati Aceh Timur  yang akrab disapa Rocky pada acara tersebut menyapaikan bahwa MoU tersebut mempertegas kerjasama Pemerintah Kabupaten Aceh Timur dengan pihak PLN dengan sama- sama mendukung dalam PPJ, dan peningkatan pelayanan listrik kepada masyarakat.

“Dimana ke depan  pembayaran PJU tidak bermasalah. Semoga kesepekatan ini memberi dampak positif bagi pembangunan Aceh Timur dan hubungan sinergi antara Pemerintah Daerah dengan pihak PT. PLN,” ujar Bupati Rocky.

Ia juga mengusul kepada PLN agar setiap desa memiliki jaringan dan arus khusus untuk PJU. “Ini bagian upaya mengatasi agar tidak adanya upaya pemakain listrik yang tidak fair. Sehingga  Pajak PJU tidak bertambah beban setiap tahunnya,” ujar Bupati Rocky.

Pemerintah Kabupaten Aceh Timur bersama PLN memastikan seluruh desa di Aceh Timur telah tersedia jaringan listrik. Data menyebutkan desa Simpang Jernih dan  Tampur menjadi desa terakhir penyelesaian  pengerjaan jaringan listrik pada tahun 2019 lalu.

“Alhamdulillah, berkat kerjasama Pemda dengan PLN seluruh desa di Aceh Timur  dipastikan telah bisa menikmati aliran listrik. Jadi masyarakat tidak ada lagi keluhan tentang ketersedian listrik,” pungkas Bupati Rocky.

Sementara itu, Manager UP3 PLN  Langsa Hariadi Fitrianto, pihaknya berkomitmen menyalurkan pajak penerangan jalan sesuai aturan pemerintah Aceh Timur. Komitmen itu juga sebagai bentuk kontribusi PLN dalam mendukung pembangunan Aceh Timur sendiri.

“Disini kita sama – sama berkomitmen membayar pajak PJU sesuai ketentuan yang berlaku. Kita setiap bulannya langsung menyetor pajak PJU begitu juga dengan Pemkab Aceh Timur sendiri yang juga sama – sama  ikut membayar tanggungannya,” imbuh  Hariadi.

Selain itu, Hariadi menyebutkan provinsi Aceh merupakan salahsatu provinsi di Indonesia yang seluruh desanya telah terpasang jaringan listrik. “ PLN telah memastikan tidak ada lagi desa  di Aceh yang tidak memiliki jaringan listrik,”demikian Hariadi (*)

Leave a Reply