Breaking News

Pengukuran Indek Desa Membangun, DD Meningkatkan Status Pembangunan Aceh Timur

FREELINENEWS.COM | IDI – Koordinator Tenaga Ahli Pelayanan Sosial Dasar P3MD Kabupatan Aceh Timur, Yusmiadi, SE atau akrab disapa Abu Yus, mengatakan berdasarkan pengukuran Indeks Desa Membangun (IDM), Dana Desa (DD) telah meningkatkan status pembangunan di Kabupaten Aceh Timur.

“Meski secara global Aceh Timur belum juga berhasil menciptakan Desa Mandiri dalam penggunaan Dana Desa yang memasuki tahun kelima. Namun pembangunan di Aceh Timur mengalami peningkatan banyak peningkatan, berikut ini kita perlihatkan table indeks mulai tahun 2017,” sebut Abu Yus.

Berikut Table  Desa Menurut Pengukuran Indeks Desa Membangun :

Lanjut Abu Yus, dokumen Berita Acara  Indeks Desa Membangun (BA IDM) Aceh Timur, telah ditandatangani oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong Aceh Timur, DR. Maimun, SE. AK. M.Si, Dr. Kepala Bappeda Aceh Timur Darmawan M. Ali, ST, MISD dan Koordinator Tenaga Ahli P3MD – PID Yusmiadi, SE pada Selasa, (16/7) di Aula DPMG Aceh Timur.

“Pendataan ini telah dilakukan lebih kurang 1 bulan yang di fasilitasi oleh Pendamping Lokal Desa (PLD) di seluruh Aceh Timur dan bekerjasama dengan Keuchik, Sekdes, TPG, dan aparatur desa lainnya,” ujar Abu Yus.

Kata Abu Yus, sebelum pendataan IDM dilakukan di tingkat desa,  seluruh Pendamping Desa dan Pendamping Lokal Desa terlebih dahulu diberikan In Service Training (IST) oleh Kadis DPMG dan juga Tenaga Ahli P3MD – PID Aceh Timur.

“Pendataan ini juga menggunakan  aplikasi khusus dan kuisioner sensus yang digunakan Pendamping Desa, setelah data daftar tetap sesuai kuisionernya,  lalu mereka pendamping desa membuat berita acara di tingkat desa yang ditanda tangani oleh Keuchik dan PLD, Camat dan PD, serta oleh Kepala  Bappeda, Kadis DPMG dan Koordinator Tenaga Ahli P3MD,” ujar Koordinator TPPI P3MD Aceh Timur, Yusnaidi.

Semantara itu, Bupati Aceh Timur H. Hasballah Bin Muhamad Taib, SH dalam sambutanya menyampaikan terimakasih atas kerja keras, kerja cerdas dan kerja tuntas TPPI P3MD Aceh Timur dalam mendampingi desa untuk pendataan Indek Desa Membangun (IDM). (*)

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
%d bloggers like this: