Headline

Pertamina Gelar Bersih Pantai Bersama Panglima Laut dan Nelayan

ACEH TIMUR – Sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan sekitar, PT Pertamina Hulu Energi North Sumatera Offshore (PHE NSO) mengadakan program bersih pantai bersama Panglima Laut dan nelayan di pantai Pelangi, Kecamatan Idi Rayeuk, Kabupaten Aceh Timur, Aceh, pada Selasa, 14 September 2021. Pantai Pelangi dipilih karena merupakan destinasi wisata yang ramai dikunjungi masyarakat.

Program bersih pantai ini menjadi salah satu upaya PHE NSO untuk mengajak masyarakat sekitar pantai agar memiliki kepedulian terhadap kebersihan lingkungannya. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk memupuk kesadaran masyarakat agar membuang sampah pada tempatnya, terutama sampah plastik yang diketahui memiliki proses urai yang sangat lama. Selain aksi bersih pantai, pada kesempatan yang sama PHE NSO juga memberikan santunan kepada anak yatim piatu.

Hadir dalam acara ini Bupati Aceh Timur yang diwakili oleh Asisten 2 Bidang Ekonomi & Pembangunan Pemerintah Kabupaten Aceh Timur, Aiyub, SKM, M.Si., tokoh Ulama Kharismatik Aceh, Tgk H. Muhammad Ali atau Abu Paya Pasi, Manager Well Intervention Regional Sumatera, Nataniel B. Sangka, Field Manager PHE NSO, Dirasani Thaib, serta Head of Communication Relations & CID Zona 1, Djulianto Tasmat.

Di sela aksi bersih pantai, Manager Well Intervention Regional Sumatera, Nathaniel B. Sangka, mengungkapkan bahwa aksi bersih pantai dan santunan anak yatim piatu ini adalah bentuk kepedulian perusahaan terhadap lingkungan dan masyarakat di sekitar wilayah operasi perusahaan.

“Semoga dengan kegiatan ini keberlangsungan ekosistem laut dapat terus terjaga, sehingga masyarakat pun dapat dengan nyaman berkunjung untuk menikmati keindahan dan kebersihan pantai Pelangi,” ujar Nathan.

Field Manager PHE NSO, Dirasani Thaib, menyampaikan program bersih pantai ini selain sebagai upaya menumbuhkan kesadaran masyarakat terhadap kebersihan lingkungan, juga sekaligus menjadi ajang silaturahmi dengan para pemangku kepentingan di Kabupaten Aceh Timur.

“Kami sangat berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Aceh Timur, tokoh agama, tokoh masyarakat serta seluruh masyarakat yang telah mendukung kegiatan kami. Dukungan seluruh pemangku kepentingan sangat diperlukan guna menjaga keberlangsungan operasi kami dan ketahanan energi nasional,” ungkap Dirasani.

Asisten 2 Bidang Ekonomi & Pembangunan Pemerintah Kabupaten Aceh Timur, Aiyub, SKM, M.Si, memberikan arahannya kepada masyarakat agar mendukung program bersih pantai ini, karena sangat bermanfaat dampaknya bagi lingkungan.

“Pertamina sejauh ini sangat berperan aktif menjalin hubungan dengan masyarakat, oleh karena itu mari kita sama-sama mendukung program Pertamina sehingga dapat memberikan kemajuan bagi perekonomian masyarakat sekitar,” tegas Aiyub.

Tokoh ulama kharismatik Aceh, Tgk H. Muhammad Ali atau Abu Paya Pasi, menyampaikan tausiyahnya dalam kegiatan bersih pantai kali ini, beliau berpesan bahwa segala sesuatu baik yang ada di darat maupun di laut adalah milik Sang Pencipta, oleh karena itu kita harus menjaga apa yang dititipkan oleh Allah SWT kepada kita.

“Apabila kita pandai bersyukur dan dapat menjaga segala pemberian yang telah Allah SWT berikan, maka nikmat-NYA akan lebih banyak lagi tercurah kepada wilayah kita,” pungkas Abu.

PHE NSO merupakan bagian dari Pertamina Subholding Upstream Regional Sumatera Zona 1 yang terus berkomitmen untuk menjaga kelestarian lingkungan dan keselarasan dengan masyarakat sekitar. Program bersih pantai kali ini juga mendukung pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan yang dicanangkan oleh pemerintah, yakni tujuan 14 ekosistem laut dan tujuan 17 kemitraan untuk mencapai tujuan.

BERITA BAHASA ACEH

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.