oleh

Pertanian Organik Selamatkan Serangga Penyerbuk

Selama 40 tahun terakhir, para ahli telah mengamati populasi serangga penyerbuk seperti lebah dan serangga penyerbuk lainnya hampir punah diseluruh dunia.

Seperti dilansir Natural News, baru-baru ini, para peneliti dari Universitas Lund dalam studi ekstensif selama tiga tahun telah menemukan bahwa pertanian organik dapat menghentikan penurunan hewan serangga penyerbuk benih tanaman dari ancaman kepunuhan.

Para peneliti menjelaskan bahwa pertanian organik adalah resolusi yang efektif untuk masalah ini karena itu adalah metode pertanian yang tidak memerlukan insektisida. Pertanian organik juga dikaitkan dengan peningkatan sumber daya bunga untuk penyerbuk.

Pertanian organik adalah cara yang tepat dan mapan untuk melestarikan keanekaragaman serangga penyerbuk. Namun, beberapa ahli berpendapat bahwa lahan organik hanya akan menarik penyerbuk dari habitat lain di lanskap dan bahwa metode ini bukan metode jangka panjang yang efektif untuk mempertahankan populasi serangga penyerbuk.

BACA: Sensasi Strategis Menikmati Kopi Arabica Gayo di Flavours Coffe Idi

Selama percobaan lapangan tiga tahun, yang dipelopori oleh para ilmuwan dari Pusat Penelitian Lingkungan dan Iklim (CEC) di Universitas Lund, ditentukan bahwa jumlah spesies lebah di pertanian organik lebih tinggi dan lebih stabil dari waktu ke waktu dan ruang. dibandingkan dengan pertanian konvensional lainnya.

Romain Carrié, seorang peneliti postdoctoral di CEC,mengatakan bahwa ini adalah studi skala besar pertama yang mengkonfirmasi bahwa pertanian organik memiliki efek yang konsisten dan stabil pada keanekaragaman serangga penyerbuk.

Tim peneliti dari CEC telah menjadikan contoh beberapa jenis lebah, kupu-kupu, dan tanaman berbunga sepanjang musim tanam di 10 areal pertanian organik dan sembilan pertanian konvensional di Scania, Swedia. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa, penyediaan bunga tanaman akan lebih stabil dengan tidak menggunakan pertisida pada lahan pertanian.

Carrié mengatakan bahwa hasil penting dari penelitian ini menentukan bahwa ketersedian sumber daya bunga yang stabil dan berlimpah dapat menjaga komunitas serangga penyerbuk. Sumber daya bunga terbukti efektif dibandingkan dengan pertanian konvisional yang menggunakan insektisida.

Carrié menyimpulkan bahwa ini sangat menyiratkan bahwa menggunakan opsi manajemen peningkat bunga yang efisien dan penggunaan insektisida yang terbatas dapat membantu mencegah penurunan populasi serangga penyerbuk.

Studi ini dipublikasikan dalam jurnal Biological Conservation. Kiat melindungi serangga penyerbuk lokal Anda dapat membaca kelanjutan artikel ini di Natural News.

Komentar

News Feed