AgribusnessBreaking NewsEkbis

Potensi Kelapa Aceh dan Minyak Kelapa Murni Untuk Anti Virus Corona

Aceh merupakan daerah tropis dengan daerah pesisir yang sangat luas. Komoditi kelapa di Aceh merupakan salah satu potensi komoditi kelapa yang besar di Negara Republik Indonesia ini sejak dahulu. Luas areal kebun kelapa di Aceh umumnya terletak di kawasan pesisir pantai timur Selat Malaka dan pesisir pantai barat, Meulaboh, Seumeulu dan Aceh Selatan.

Banyak kelapa Aceh yang dipasarkan keluar Aceh, seperti Medan, Sumatera Utara. Bahkan kelapa Aceh menjadi salah satu komoditi ekspor ke Negara jiran Malaysia melalui Pelabuhan Krueng Geukuh. [1]

Selama ini, daerah-daerah sentra produksi kelapa di Aceh, seperti Bireuen, Aceh Utara, Aceh Timur, Seumeulu. Masih sedikit mengolah kelapa menjadi bahan jadi seperti minyak kelapa, santan powder, Virgin Coconut Oil (VCO). Rata-rata kelapa Aceh dijual ke luar daerah, atau di ekspor ke luar negeri dalam bentuk buah bulat.

Jika potensi kelapa di Aceh dapat diolah menjadi menjadi Virgin Coconut Oil (Minyak Kelapa Murni) selain dapat menambah pendapatan masyarakat. VCO juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan untuk meningkatkan kekebalan tubuh ditengah pandemi Covid-19.

Bahkan menurut pakar kimia VCO itu disebut-sebut bisa membunuh virus Corona. Pakar Kimia Agroindustri dari Universitas Tanjungpura Pontianak, Prof Dr Thamrin Usman, DEA membenarkan virgin coconut oil (VCO) atau minyak kelapa murni dapat membunuh virus corona penyebab COVID-19 karena kandungan lipid pada VCO dapat berinteraksi dengan lipid membran sel virus corona. [2]

Ternyata VCO mempunyai kandungan asam lemak (fatty acids). Asam lemak jenuh yang terkandung dalam minyak kelapa dapat mendorong tubuh untuk membakar lemak jahat, dan memberikan energi cepat ke tubuh dan otak Anda. Mereka juga meningkatkan kolesterol HDL (baik) dalam darah Anda, yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung, Kesehatan jantung, mengurangi rasa lapar, mengatasi kejang-kejang, merubah kolestrol jahat (LDL) menjadi  HDL ( kolestrol baik), perlindungan kulit, gigi dan rambut, [3].

Sebuah riset yang sedang dilakukan dewan penelitian dan pengembangan kesehatan Filipina departemen Sain dan teknologi  (PCHRD-DOST), minyak kelapa murni untuk pengobatan potensial virus corona. [4]

Tenyata kandungan dalam minyak kelapa murni (VCO) mempunyai banyak manfaat. Ini merupakan kesempatan bagi masyarakat Aceh yang hampir rata-rata punya beberapa batang pohon kelapa di perkarangan ruma. Anda dapat mengolah kelapa menjadi VCO untuk kosumsi keluarga atau untuk peluang usaha baru yang dapat meningkatkan pendapatan Anda di tengah pandemi COVID-19.

Untuk pengelohan kelapa menjadi VCO dapat anda pelajari dari berbagai sumber melalui browser internet. Salah satunya Anda bisa buka Cookpad.com tentang resep dan cara membuat minyak kelapa murni tanpa pemanasan. (*)

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
%d bloggers like this: