Breaking News

Program RAG: Pemulihan Sempurna Untuk Para Penyalahgunaan Narkoba

Banda Aceh – Pemulihan sempurna pasca rehabilitasi kepada klien penyelaggunaan narkoba di Provinsi Aceh hingga menjadi benar-benar pulih dan produktif merupakan salah satu program prioritas Yayasan Rumoh Aceh Gemilang (RAG).

Hal itu disampaikan Ketua Yayasan RAG, Ners Rosdiana SKM, S.Kep, dalam relis persnya yang diterima freelinenews.com, Selasa (24/9/2019) malam. Ners Rody menjabarkan, latarbelakang terbentuknya Yayasan RAG atas pertimbangan, bahwa di wilayah Aceh ada beberapa lembaga atau instansi rehabilitasi IPWL dan Non IPWL untuk membibing residen / klien menjadi pulih setelah selesai program rehabilitasi.

“Sedangkan untuk pulih dan produktif kembali, maka sangat membutuhkan lagi program pascarehabilitasi untuk memperkuat sistem bertahan hidup dan ketrampilan kerja dalam bentuk vokasional. Yayasan RAG nantinya yang akan membatu para penyalahgunaan narkoba pascarehabilitasi agar pulih sempurna dan kembali produktif,” papar Ners Rody.

Program Manager Yayasan RAG Firdaus, juga menyampaikan, bahwa di Yayasan RAG, nantinya residen /klien akan mendapatkan program berbentuk peningkatan keimanan dan ketaqwaan dalam bentuk pendidikan keagamaan, serta bimbingan lainya yang menjadikan para klien pulih dengan sempurna dan dapat kembali kemasyarakat dengan tekat anti narkoba.

Sambung Teuku Yaumil Zuldair, ada empat aspek utama yang menjadi priorotas Yayasan RAG kepada klien penyalahgunaan narkoba pascarehabilitasi, yakni kesehatan jasmani, rohani (religius), kehidupan sosial dan ketrampilan hidup.

“Klien akan dibentuk untuk dapat meningkatkan kesehatan jasmani melalui kegiatan olahraga, dan pola hidup sehat, sedangkan peningkatan rohani, dimana klien nantinya akan mendapatkan bimbingan agama, zikir dan pengajian agar dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT,” papar Teuku Yaumil.

Sementara untuk kehidupan sosial, RAG juga akan memberikan bibingan klien untuk dapat berinteraksi dengan masyarakat serta ikut terlibat dalam gotongroyong bersama masyarakat, sehingga stigma jelek untuk korban penyalahgunaan narkoba dapat dihilangkan.

“Sedangkan untuk keterampilan hidup RAG telah menyiapkan pendapingan kepada Residen/Klien untuk dapat dilatih bidang ketrampilan, seperti sablon baju, budidaya jamur merang. Untuk menyukseskan semua program ini, dalam hal ini RAG akan bermitra dan  bekerjasama dengan BNN,BLK,Dinsos, Kamenag serta Dinas Dayah,” pugkas Teuku Yaumil. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.