BudayaPendidikan

Program Seniman Masuk Sekolah Shering Pemkab Aceh Timur Siap Dilaksanakan

Dana Shering Kabupaten Untuk Lima Sekolah

Aceh Timur – Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS) yang dijalankan Direktorat Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi, yang bersumber dari anggaran dana shering Kabupaten Aceh Timur siap dilaksanakan.

Hal itu dikatakan Plt Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Timur, Suriadi kepada freelinenews.com saat ditemui di ruang kerjannya, Sabtu (23/7/2022) siang usai rapat persiapan Program GSMS tahun 2022 di ruang rapat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Timur.

Menurutnya, program GSMS dari dana shering Kabupaten Aceh Timur sebanyak 5 SLTP. Sedangkan Program GSMS dari Direktorat Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi, sudah berjalan.untuk 10 sekolah (SD, SMP, SMA/SMK).

“Program GSMS ini adalah program yang dijalankan Direktorat Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi, dalam bentuk program seniman memberikan pembelajaran kesenian pada kegiatan ekstrakurikuler di sekolah (SD, SMP, SMA/SMK),” ujar Plt Kabid Kebudayaan Suriadi.

Tambahnya, untuk Aceh, Program GSMS ini hanya untuk tiga kabupaten/kota, yakni Kabupaten Aceh Timur, Kota Langsa dan Kabupaten Pidie Jaya. Lanjut Kabid Kebudayaan, program GSMS tersebut dijalankan sesuai dengan Petunjuk Teknis (Juknis) yang telah keluarkan oleh Direktorat Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi.

“Program tersebut bertujuan untuk menumbuhkan minat bakat peserta didik di bidang seni budaya, Menjalin kerjasama dan sinergi antara sekolah dengan seniman, Menumbuhkan budaya sekolah yang sehat, menyenangkan, mengasyikkan, mencerdaskan, dan menguatkan, Membentuk karakter dan membangun sikap kreatif, apresiatif dan inovatif peserta didik, Meningkatkan ekosistem sekolah yang berbudaya, Melestarikan (melindungi, mengembangkan, dan memanfaatkan) nilai budaya dan
objek pemajuan kebudayaan,” sebut Suriadi.

Adpun ruang lingkup Materi Gerakan Seniman Masuk Sekolah meliputi; Seni Pertunjukan: Seni Musik/Seni Suara, Seni Tari, Seni Teater,  Seni Rupa, Seni Media,  Seni Sastra; dan atau Nilai Budaya dan Objek Pemajuan Kebudayaan lainnya.

“Harapan kita Program GSMS ini dapat berjalan dengan maksimal di Kabupaten Aceh Timur ini sesuai dengan Juknis yang telah ditetapkan dengan 19 kali pertemuan, Dan Insya Allah pementasan 5 sekolah dari dana shering Kabupaten akan dilaksanakan sekaligus dengan 10  lainya yang didanai oleh Direktorat Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi,” demikian Suriadi Plt Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Timur. []

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.