Covid-19Lifestyle

Rujak Mangga Air Ala Aceh Untuk Kebutuhan Nutrisi Masa Pandemi

Merubah pola makan dan minum di tengah pandemi COVID-19 merupakan salah satu gaya hidup yang harus kita lakoni guna memenuhi nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk melawan searangan carona virus dan pulih dari infeksi.

Kendatipun saat ini belum ada makanan atau suplemen makanan yang menjadi obat pencegahan serangan Carona Virus. Merubah prilaku pola makan yang sehat merupakan salah satu cara memberi dukungan kepada tubuh kita meningkatkan imun sistem. Nutrisi yang baik juga dapat mengurangi kemungkinan berkembangnya masalah kesehatan lainnya, termasuk obesitas, penyakit jantung, diabetes dan beberapa jenis penyakit kanker.[1].

Vitamin C merupakan salah satu sumber nutrisi yang dapat diandalkan untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Mangga adalah buah yang mempunyai kandungan vitamin C yang tinggi. Berikut ini fakta fakta nutrisi dalam mangga, 2 Tiap cangkir irisan mangga mengandung kurang lebih 3 gram serat,24 gram Gula,1 gram  protein, 25 persen nilai harian vitamin A, 76 persen nilai harian vitamin C   257 mg, kalium 0,2 mg vitamin B-6. [2]

Sangat beruntung jika di perkarangan rumah mempunyai pohon mangga yang berbuah lebat, seperti dikatakan salah seorang ibu rumah tangga Asrarul Mufidah (27), kepada freelinenews.com, Jumat (30/10/2020), mangga segar yang jatuh dari pohon di perkarangan dimanfaatkan untuk menambah nutrisi tubuh di masa pendemi ini.

“Setiap hari mangga air yang jatuh dari pohon di perkarangan rumah, saya kumpulin kemudian diperam, setelah matang mangga air tersebut saya buat acar dengan cara; mangga air masak dikupas, dicincang, tambah sedikit garam, sedikit gula, dan beberapa cabe rawit, lalu aduk dan siap disajikan untuk rujak dimakan sebagai lauk makan nasi,” papar ibu Asrarul Mufidah.

Ibu Asra mengaku, Ia mengetahui bahwa mangga banyak kandungan vitamin C dari bacaan di browser google. Berdasarkan pengetahuan tersebut, Ia mengaku semua mangga yang jatuh setiap pagi dari pohon perkarangan rumahnya itu dimanfaatkan untuk kebutuhan nutrisi keluarga.

“Jika ada vitamin C yang alami di perkarangan rumah, untuk apa beli vitamin C yang harganya lumayan mahal. Kandungan vitamin mangga air ini alami dan aman untuk lambung kita, ” jelas Ibu Asra.

Selain membuat rujak, mangga air yang sudah matang sering juga dibuat jus, untuk minuman sehat keluarga. “Saya merasakan, kosumsi jus mangga satu gelas saat pagi hari, juga bermanfaat untuk kelancaran BAB. Setiap pagi saya terbiasa kosumsi jus mangga, karena menurut saya baca di banyak artikel tubuh kita butuh vitamin C setiap harinya sekitar sekitar 90 mg,” ketus ibu Asra.

Akui ibu Asra, karena pohon mangga di perkarangan rumahnya berbuah lebat, terkadang mangga yang dikumpulinnya sering di sedakahkan kepada tetangga dan teman-teman. “Semoga saja, mangga air yang ada di perkarangan rumah kami itu menjadi bahan tambahan nutrisi tubuh untuk meningkatkan imun tubuh keluarga kami di tengah pendemi Covid-19 seperti sekarang ini,” tutup ibu Asrarul Mufidah. (*)

Referensi :

  1. https://www.who.int/campaigns/connecting-the-world-to-combat-coronavirus/healthyathome/healthyathome—healthy-diet
  2. https://www.healthline.com/health/food-nutrition/are-mangoes-good-for-you

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.