Breaking News

Tanggapi Krisis Air Bersih, Direktur PDAM Tinjau Desa Berandang Ranto Peureulak

FFREELINENEWS.COM | ACEH TIMUR – Direktur PDAM Tirta Peusada Aceh Timur, Iskandar, SH bersama Pegawai Bidang Cipta Karya  Air Bersih PUPR Kabupaten Aceh Timur, Bustami tinjau Desa Berandang Kecamatan Ranto Peureulak, pada Minggu (18/10/2020) siang.

“Kunjungan ini kita lakukan untuk meninjau langsung, kondisi krisis air bersih yang dirasakan oleh 400 KK warga Desa Berandang, sebagaimana laporan yang disampaikan Kepala Desa (Keuchik) Berangdang melalui proposalnya,” kata Dirut PDAM Tirta Peusada Iskandar, SH, kepada freelinenews.com.

Menurut pria alumni SMAN 1 Idi tersebut, setelah dilakukan peninjuan, bahwa Desa Berandang kondisi hari ini belum ada jaringan distribusi PDAM ke kawasan desa tersebut.

“Pipa jaringan distribusi tersedia hanya sampai di kawasan Kliet atau depan masjid Kliet. Jadi untuk pengadaan air bersih dari PDAM ke Desa Berandang, harus ada penambahan jaringan distribusi sepanjang lebih kurang 7 KM,” sebut Iskandar.

Setelah penijuaan ini, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan pihak PUPR dan Bepeda Aceh Timur. “Mudah-mudahan kedepan ada anggaran baik dari APBA maupun dari APBN untuk penyambungan pipa distribusi ke Desa Berandang,” ujar Iskandar.

Sementara itu, Keuchik (Kades) Desa Berandang, Muhammad Ali, kepada freelinenews.com mengaku, di desanya mengalami krisis air bersih. “Meski desa kami dekat dengan sungai Peureulak. Namun masyarakat kami tidak berani mengambil air sungai, kerana daerah kami banyak buaya buas yang sering menerkam warga,” kata Muhammad Ali.

Ia juga mengucapkan terimakasih atas kunjungan yang dilakukan pihak PDAM dan PUPR Aceh Timur ke desanya. “Semoga saja, proposal kebutuhan air bersih yang telah kami ajukan dapat terealisasi dalam waktu dekat ini,” pungkas Muhammad Ali.(*)

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
%d bloggers like this: