by

Tujuh Makanan Hasil Kerajinan Aceh Versi Freelinenews

FREELINENEWS – Berikut ini mempersembahkan tujuh produk makanan dan minuman hasil kerajinan dari berbagai daerah di Aceh, versi Freelinenews.com.

  1. Teh Buah Amla

Teh Buah Amla merupakan produk minuman hasil Dewan Kerajian Nasional (Dekranas) Kabupaten Aceh Besar. Amla Fruit Tea ini terbuat dari buah Amla, atau buah  Malaka (Phyllanthus emblica). Amla Fruit Tea diolah dari buah Amla organik mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Amla Fruit Tea mengandung banyak tanoids dan tanin tertentu, vitamin C, juga terdapat banyak nutrisi, protein, karbonhidrat, zat gula dan mengandung banyak serat. Jika Anda ingin mengetahui selengkapnya tentang Amla Fruit Tea silahkan baca di sini.

  1. Mangrove Syrup
Magrove Syrup

Syrup Bakau ini diolah dari buah Pidada atau tumbuhan bermarga Sonneratia, dalam bahasa Aceh disebut ‘Boh Geureumbang. Mangrove Syrup ini adalah produk minuman hasil Dewan Kerajinan Nasional Kota Langsa, yang terletak di Pantai Timur Aceh. Magrove Syrup rasanya enak dan sedikit asam. Syrup ini mengandung vitamin C. Dalam satu botol kecil harga Magrove Syrup IDR 25.000.

  1. Serondeng Jengkol
Serundeng Jengkol

Serondeng Jengkol adalah produk makanan kerajinan dari Dewan Kerajinan Nasional (Dekranasda) Kabupaten Aceh Tenggara (Kuta Cane). Serondeng Jengkol terbuat dari Jengkol (Archidendron pauciflorum). Serondeng jengkol terbuat dari perpaduan jengkol dan kelapa parut, kedua bahan baku tersebut disangrai. Rasanya gurih pedas nikmat. sangat cocok dinikmati dengan nasi hangat.

  1. Karah
Karah

 

Karah, adalah produk makanan dari Dewan Kerajinan Nasional Kabupaten Nagan Raya. Karah adalah penganan terbuat dari campuran tepung dan santan berbentuk serabut halus. Karah Nagan Raya, ukurannya besar dan berserabut seperti sarang burung Tempua (Ploceus mayar). Karah rasanya sangat renyah, manis, garing, dan rapuh.

  1. Lokan Crispy
Lokan Crispy

Lokan Crispy terbuat dari Lokan (Polymesoda expansa) sejenis kerang air tawar. Produk makanan Lokan Crispy ini adalah makanan kerajinan dari Dewan Kerajinan Daerah  (Dekrasda) Kabupaten Aceh  Singkil. Lokan Crispy mempunyai dua rasa yaitu rasa original dan rasa pedas.

  1. Kembang Loyang Sagu
Loyang sagu

Kembang Loyang Tepung Sagu adalah produk makanan dari Kabupaten Pidie Jaya, Aceh Indonesia. Kembang Loyang juga ada di daerah lain di Indonesia, akan tetapi kembang loyang ini terbuat dari tepung sagu. Rasanya enak, gurih renyah. Sangat cocok untuk snack keluarga Anda.

  1. Kerupuk Kulit Kerbau Kuker
Kerupuk kulit kerbau

Kerupuk Kulit Kerbau Kuker produk ini hasil kerajinan dari Kabupaten Aceh Barat (Meulaboh). Kerupuk ini terbuat dari kulit kerbau asli yang hidup di pinggir pantai barat Aceh. Kerupuk kulit kerbau ini diproduksi sepanjang tahun di Meulaboh, dari kulit kerbau hasil pemotongan di pasar-pasar tradisional.

Rasa kerupuk ini sangat enak dan renyah dan sangat enak dimakan dengan nasi atau menggunakan kuah kari. Kerupuk kulit kerbau ini dipotong tidak dalam ukuran yang sama, ukurannya bervariasi, 500 gram di bandrol dengan harga Rp 45.000, masih setengah jadi, dan harus kita lakukan penggorengan lagi saat hendak dimakan. (By: Ilyas Ismail)

Comment

News Feed