Breaking News

Ulya Anak Angkat Syech Fadhil, Bercita-Cita jadi Hafid dan Kuliah ke Timur Tengah

“Insya Allah, pingin menjadi  penghafal Al-Quran, dan saya juga nantinya ingin kuliah di perguruan tinggi di Timur Tengah,” ucap Alya, seraya diaminkan Syech Fadhil Rahmi Anggota Dewan Perwakilan Daerah(DPD-RI) asal Aceh, ketika menemui anak angkatnya itu di Birem Bayeun, Kabupaten Aceh Timur.

Fatiya Alya Nalla (13) merupakan anak perempuan dari almarhum Saifullah Arka, yaitu sahabatnya Syech Fadhil Rahmi, LC, ketika beliau aktif di KNPI Aceh, beberapa tahun silam. Gadis yatim yang masih duduk di bangku sekolah SMP itu, saat ini tinggal bersama ibunya Rita di Desa Alue Kaul, Pedalaman Kecamatan Rantau Selamat Kabupaten Aceh Timur.

Untuk mendapatkan alamat rumah istri dan anak-anak almarhum Saifullah Arka, bukan hal yang mudah bagi Syeh Fadhil Rahmi dan teman-temannya, karena pada awalnya, rombongan sempat mendengar kabar bahwa keluarga Almarhum Saifullah Arka tinggal di Desa Alue Koi Kecamatan Ranto Selamat. Upaya mencari alamat rumah sang teman, Syah Fadhil dan teman-teman, pada Jumat (19/06/2020) sempat terjebak dengan kondisi jalan rusak di kawasan pedalaman Ranto Selamat. Karena mobil minibus yang ditumpangi rombongan Syeh Fadhil tak dapat melintasi medan becek dan jalan berlubang-lubang di daerah itu, akhirnya jumat itu, rombongan balik kanan.

Namun semangat Syeh Fadhil untuk bertemu dengan keluarga sahabatnya itu dilanjutkan kembali pada Sabtu. “Alhamdulillah, lewat kontak telpon dengan Rita, istri Almarhum, kebetulan Sabtu (20/06/2020) siang, Rita  bersama anak-anaknya berada di Langsa yaitu di sekolah Alya mengambil Rapornya. Akhirnya kami sepakat menggelar pertemuan dengan mereka di Pasar Birem Bayeun,” kisah ustaz Fadhil yang juga Ketua Ikatan Alumi Timut Tengah itu.

Dalam pertemuan tersebut, Rita turut membawa serta dua dari 4 anaknya. Fatiya Alya Nalla yang kini berusia 13 tahun merupakan anak pertama dari pasangan Saifullah Arka dan Rita. Ayah Alya, almarhum Saifullah Arka meninggal dunia pada 2016 lalu. Sebagaiman janjinya Senator DPD-RI Syech Fadhil. Pada kesempatan itu didepan ibunya menyatakan mengangkat Alya sebagai anak angkatnya, dan akan menyekolahkannya.

Syeh Fadhil akan melanjutkan sekolah Alya di salah satu pesantren terpadu di Aceh Besar. Dengan senang hati, Alya dalam waktu dekat ini kan meninggalkan SMP IT Langsa, dan selanjutnya akan belajar dan sekolah Dayah Terpadu Aceh Besar.  “Saya telah meminta Tim untuk segera mengurus perpindahan sekolah Alya, sehingga Alya kelas II ini langsung dapat belajar di Dayah nantinya,” Kata Senator asal Aceh itu.

Alya sendiri mengaku senang mendapat perhatian dari senator DPD RI tersebut. Ia mengaku bercita-cita menjadi penghafal Alquran dan melanjutkan pendidikan tinggi nanti di timur tengah. “Alhamdulillah. Saya aminkan,” kata Syech Fadhil. Sang Senator Syech Fadhil Rahmi sendiri kini menjadi orangtua asuh dari belasan anak yang berasal dari daerah-daerah pedalaman Aceh.

Rangkaian Kunjungan Syech Fadhil Rahmi ke Aceh Timur

Senator asal Aceh, HM Fadhil Rahmi Lc, pada Sabtu (20/06/2020)kembali mengunjungi sekolah di pedalaman Aceh Timur, kali ini Syach Fadhil dan rombongan mengunjungi MTs Darul Muta’allimin di Desa Seumanah Jaya, Kecamatan Rantau Peureulak, Kabupaten Aceh Timur. Sekolah ini terdapat di pedalaman Aceh Timur serta kondisinya memprihatinkan.

Syech Fadhil Rahmi, Lc saat mengujungi MTs MTs Darul Muta’allimin di Desa Seumanah Jaya, Kecamatan Ranto Peureulak Aceh Timur. Foto ; Dok Syech Fadhil Rahmi.

Kedatangan Syech Fadhil dan rombongan disambut oleh Kepala MTs Darul Muta’allimin, Mahyuddin SAg. Kepada anggoat DPD-RI, sang Kepala Mandrasah Mahyuddin, kepada Syech Fadhil mengaku madrasah yang di kepalainya itu, kondisi atap yang rusak sangat memprihatinkan. Sejumlah fasilitas sekolah juga masih jauh dari kata layak. “Inilah kondisi sekolah kami pak. Besar harapan untuk disuarakan agar dapat dibantu kedepannya,” harap Mahyuddin kepada Syech Fadhil.

Sementara itu, Syech Fadhil, terlihat terdiam lama di sekolah ini. “Isya Allah, dalam hal ini  kita akan sama-sama berjuang, saya juga akan sampaikan ke Kamenag Aeh Timur terkait kondisi madrasah ini, “ ujar Syech Fadhil,

Syeh Fadhil Rahmi berharap kepada Kamenag Aceh Timur dan Provindi Aceh, untuk segera merenovasi Mandarasah tersebut, karena sebagaimana diketahui, MTS Darul Muta’allimin adalah salah satu madrasah yang menampung siswa di pedalaman  Rantau Peureulak. “Dan siswa/siswi yang menuntut ilmu di madarasah tersebut, mayoritas berasal dari keluarga kurang mampu.

Dalam perjalanan pulangnya ke Aceh kali di masa New Normal, Syech Fadhil Rahmi bersama rombogan, juga  melakukan takziah ke rumah almarhum Ulama Kharismatik Aceh  Ayah Leuge Peureulak. Ayah Leuge meninggal beberapa bulan lalu, namun menwabahnya Corona membuat senator muda asal Aceh tersebut tak langsung bisa datang ke rumah duka.

“Karena sejumlah kendala, akhirnya baru bisa takziah sekarang. Mohon diperbanyak maaf,” ujar Syech Fadhil kepada pimpinan dayah dan keluarga yang menyambut kedatangannya. Usai bersilaturahmi dengan keluarga dan para pimpinan dayah, Syech Fadhil dan rombongan kemudian diarahkan ke makam Ayah Leuge yang tak jauh jauh dari kediaman.Rombongan sempat berdoa bersama di sana. “Beliau adalah salah seorang ulama kharismatik Aceh, kita semua dan masyarakat Aceh sangat kehilangan pasca kepergian Ayah Leuge,” ujarnya lagi.

Usai bertakziah, Syech Fadhil juga menggelar pertemuan dengan sejumlah tokoh Aceh Timur di Omar Cafe, Peureulak. Pertemuan berlangsung hingga dini hari Minggu 21 Juni 2020. (*)

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
%d bloggers like this: