Social

Kekurangan Dana, Pembangunan Dayah ini Terhenti

FREELINENEWS.com | Aceh Timur – Akibat kekurangan dana pembangunan dayah di Desa Bagok Panah Lhee, Kecamatan Darul Aman, Kabupaten Aceh Timur, sempat terhenti.

Tgk Muhsin bin Tgk Hasan Pimpinan dayah yang belum ada nama tersebut, kepada freelinenews.com, Selasa (10/8/2021) mengatakan, dayah yang ia pimpin pembangunanya telah mencapai 70 persen, akan tetapi akibat kekurangan dana pembangunannya kini sempat.

“Dayah ini kami bangun pada tahun 2019, dan belum diberikan nama, awalnya dayah dibangun dengan swadaya masyarakat dan jama’ah  pengajian dan juga sumbangan para dermawan lainnya,” papar Tgk Muhsin.

Tambah Tgk Muksin, sejak 2019 sebelum pandemi covid-19 pembangunannya berjalan lancar. “Namun masuk tahun 2020 mulai pandemi covid-19 pembangunannya mulai terkendala, hal ini akibat pengaruh masyarakat di tengah pendemi ini sedikit kesulitan,”ujar Tgk Muksin.

Kendatipun demikian, Tgk Muhsin  selaku pimpinan, dirinya tetap fokus membangun dayah tersebut dengan dana seadanya.

“Kita merencanakan  bertepatan bulan suci Ramadhan tahun 1441 H atau tahun 2020 kemarin sudah ada santri khalwah (Kaluet) di dayah ini, namun sayangnya dinding Bilik (Kamar) belum dapat terpasang, sehingga banyak santri yang tidak jadi kaluet,” paparnya.

Ia juga berencana pada bulan Maulid atau bertepatan 12 Rabiul Awal 1443 H, akan malakukan persemian. “InsyaAllah jika tidak ada kendala, pada bulan Rabiul Awal nanti akan kita upayakan peresmian,” sebutnya.

Selama proses pembangunan, dayah tersebut, Tgk Muhsin mengakui, selama ini ada satu dua sumbangan dari donator dari luar daerah. “Alhamdulillah, ada seorang guru honorer dari Cot Girek Aceh Utara yang membangun sebuah balai di dayah kami, kami mengucapkan terima kasih, semoga bantuan beliau menjadi amal ibadah,” papar Tgk Mukhsin.

Tgk Muhsin, juga mengharapkan ada para dermawan dan donator yang sudi kiranya membantu pembangunan dayah ini, agar aktifitas belajar mengajar dapat segara berlangsung dengan maksimal.”Dan masyarakat jamaah pengajian juga dapat melaksanakan pengajian dengan rutin,” demikian Tgk Muhsin. Bagi Masyarakat atau para donator yang ingin membantun pembangunan tempat pendidikan Islam itu dapat menghubungi nomor telpon Tgk Mukhsin(085260466393). []

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.