by

Gerakan BMU, Taraf Hidup Terangkat Pintu Amal Terbuka

Oleh : Ilyas Ismail

 “Barangsiapa yang melapangkan satu kesusahan dunia dari seorang Mukmin, maka Allâh melapangkan darinya satu kesusahan di hari Kiamat. Barangsiapa memudahkan (urusan) orang yang kesulitan, maka Allah Azza wa Jalla memudahkan baginya (dari kesulitan) di dunia dan akhirat.” (HR Muslim)

Sabda Rasulullah SAW, mengambarkan bahwa seseorang Muslim kiranya dapat membantu meringankan atau menghilangkan kesulitan yang dirasakan Muslim liannya. Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk meringankan beban saudara kita semua yang sangat membutuhkan uluran tangan kita. Baik itu memberi mereka tempat tinggal yang layak huni kepada saudara-suadara kita yang membutuhkan, seperti yang dilakukan oleh pergerakan dakwah sosial Barisan Muda Ummat (BMU) Aceh selama ini.

BACA JUGA : BMU Peduli, Kembali akan Bangun Rumah di Aceh Timur

Barisan Muda Ummat terus menyisir dari satu lorong ke lorong di bumi Aceh yang mulia ini, datang menyapa dengan kebersamaan kepada saudara-suadara kita seiman dan seagama yang kurang mampu agar mereka hidup bahagia dunia dan akhirat.

Bukan saja bantuan sosial pembangunan rumah layak huni untuk masyarakat kurang mampu yang tersurat dalam pergerakan BMU Aceh ini, akan tetapi  dibalik kegiatan dakwah sosial ini telah memetik hikmah Allah SWT, dengan terbukanya Bank Amal dan buku tabungan amalan kebaikan sebagai bekal kita yang dapat kita bawa ke yaumil masyar nanti. Sesuai dengan Hadist Rasululla SAW yang telah saya sematkan di awal tulisan ini.

Siapa BMU

Sekretris DPP BMU Aceh, Tgk Zainuddin MZ Al – Biruny saat dihubungi penulis mengatakan, Barisan Muda Ummat yang disingkat dengan dengan tiga kata yaitu (BMU) adalah sebuah pergerakan dakwah yang bergerak dibidang sosial. Organisasi ini dicetuskan oleh Ulama Kaharismatik Aceh yaitu guru kita Tgk H. M. Yusuf Abdul Wahab atau akrab disapa Tu Sop, pada tahun 2017 silam.

Ketika Allah menciptakan makhluknya berpasangan, maka BMU juga mempunyai pasangan yaitu Wanita Peduli Ummat (WPU), kedua organisasi dakwah sosial ini sama-sama bergerak membuka tabungan amal untuk Ummat Muslim di Bumi Serambi Mekkah ini dan seluruh Nusantara.

Pada acara deklarasi BMU di Stadion Cot Gapu Bireuen pada Kamis (7/3) Iman Besar BMU Tu Sop telah menyampaikan bahwa pendirian organisasi dakwah sosial BMU merupakan upaya untuk menghidupkan kembali sunnah yang diwariskan nabi kita Muhammad SAW. “Infak dan sedekah merupakan sunnah Rasulullah SAW. Beliau dengan cukup serius mengajarkan kita untuk saling peduli, berbagi dan tolong menolong dalam kebaikan”, kata guru kita Tu Sop pada kesempatan tersebut.

Pada ksempatan itu juga, Pimpinan  Himpunan Ulama Dayah Aceh (HUDA) itu, juga mengajak generasi muda saat ini untuk terus membangkitkan kegiatan amal ibadah tolong menolong, sebagaimana yang telah dilakukan leluhur kita tempo dulu.

Gerakan BMU

Hari ini BMU dan WPU terus bergerak menyapa sendi-sendi kehidupan Ummat yang kurang mampu. Dari sejak awal pergerakan BMU dan WPU, dan berkat bantuan semua donatur atau ummat muslim diseluruh Nusantara, BMU dan WPU telah mampu membangun rumah layak huni untuk sudara-suadara kita yang sangat membutuhkan.

BACA JUGA : BMU Rencanakan Rumah Bapak Zulfikar Rampung Akhir Bulan Ini

Menurut amatan penulis dalam Group Whatsapp Barisan Muda Ummat, disana tersurat sampai hari ini, BMU dan WPU telah membangun sedikitnya 21 rumah layak huni kepada saudara-saudara kita yang kurang mampu di seluruh bumi tanah rencong ini. Bahkan saat ini aktifitas penyumbang terus bertambah untuk pembangunan Rumah layak huni BMU Peduli 022, milik Saudara kita atas nama Muhammad Jimmy Ramadhan (Mualaf) warga Gampong. Teungoh Kecamatan Langsa Kota,  Kota Langsa Aceh.

Puluang beramal yang terbuka lebar melalui BMU bukan terbatas untuk anggota group atau komunitas semata, akan tetapi gerakan dakwah sosial ini juga membuka peluang infak dan sedakah kepada seluruh Muslimin dan Muslimat diseluruh Nusantara dan Muslimin di seluruh pelosok dunia.

Bagi Anda semua yang ingin membuka tabung amalan kebaikan Anda, maka segera berinfak melalui rekning BMU agar beban yang dirasakan saudara kita dapat terbantu hendaknya. Silahkan saja infak dan sadakah Anda  ke nomor rekening Bank BRI Nomor Rekning : 3923-01-01-2872-53-9 Atas Nama : Gerakan BMU Peduli. (*) 

Comment

News Feed