by

Harga Ikan Anjlok di Aceh, Tongkol Rp 5000/Kg

FREELINENEWS.COM – Dalam sepekan terakhir harga ikan hasil tangkapan nelayan di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Kuala Idi, Aceh Timur, dilaporkan turun dratis. Turunnya harga ikan diakibatkan meningkatnya hasil tangkapan nelayan di seluruh pelabuhan di Provinsi Aceh.

“Ikan tongkol salah satu jenis ikan yang sangat anjlok dalam sepekan terakhir, berkisar Rp5000 hingga Rp8000/ Kg,” kata M. Nasir (46) seorang pedagang ikan di PPN Kuala Idi, Aceh Timur, kepada Freelinenews, Senin (11/3) siang.

Sebut Nasir, harga ikan kembung dari harga Rp30 ribu/ Kg turun menjadi Rp20 ribu/Kg, ikan dencis dari harga Rp 25 ribu/Kg menjadi Rp13 ribu/ Kg, ikan selar dari harga Rp25 ribu/ Kg menjadi Rp14 ribu/ Kg.

“Sedangkan harga ikan ekspor seperti bawal, tenggiri, kerapu dan lainnta masih pada harga stabil,” kata M. Nasir.

Lanjut Nasir, anjloknya harga ikan dalam sepekan terakhir diakibatkan meningkatnya hasil tangkapan nelayan di seluruh pelabuhan di Aceh.

“Hal ini sering terjadi, ketika hasil tangkapan nelayan meningkat di Aceh, karena ikan dari seluruh Aceh di kirim ke Medan – Sumatera Utara. Jadi harga sangat tergantung dari pasaran di Kota Medan,” ujar M. Nasir. (*)

Comment

News Feed