Ekbis

Kembangkan Ekonomi Berbasis Konservasi Bupati Rocky Buka Pintu Untuk NGO Kanada

Idi – Bupati Aceh Timur, H. Hasballah. H. M. Thaib, SH. Membuka pintu selebar-lebarnya kepada NGO Canopy dari Kanada untuk membantu pengembangan dan peningkatan ekonomi berbasis konservasi di Kabupaten Aceh Timur.

Hal itu diampaikan Bupati Aceh Timur yang akrab disapa Rocky pada pertemuan dengan perwakilan NGO Canopy di Royal Hotel Idi, Jumat (29/11/2019) pagi.

“Kami pemerintah Aceh Timur mendukung penuh upaya peningkatan ekonomi berbasis konservasi yang akan dikembangkan NGO Canopy dari Kanada. Bahkan selama ini pihaknya telah mewujudkan komitmen di sektor konservasi seperti penyedian lahan untuk lokasi suaka badak sumatera di tiga lokasi di Aceh Timur yakni Simpang Jernih, Peunarun dan Birem Bayeun,” kata Bupati Rocky.

Bupati pada kesempatan itu, juga berharap hubungan baik ini terus terjalin dan program peningkatan ekonomi berbasis konservasi segera terwujud di Aceh Timur.

“Potensi daerah ini perlu dikembangkan dengan harapan alam tetap lestari dan berbagai spesies didalamnya terlindungi serta hak ekonomi masyarakat dapat berkembang dengan baik,” pungkas Bupati Aceh Timur.

Sementara itu, Nicole Rycroft dari NGO Canopy mengatakan, meski pihaknya baru pertama berkunjung ke Aceh, sangat senang mendapat sambutan yang sangat baik dari Bupati Rocky.

“Pihak kita akan mengembangkan ekonomi berbasis konservasi di Aceh Timur, karena banyak persamaan daerah ini dengan apa yang kita lakukan di Kanada,” kata Nicole.

Bersama Nicole, juga hadir Ross McMillan sebagai Contruktion Advisor, pengembangan dari NGO Canopy, dan hadir juga  Manager Forum Konservasi Leuser (FKL) Rudi Putra, lembaga Hutan Alam dan Lingkungan Aceh (HAkA) dan ACCI-A.C.E.H.Program. (*)

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
%d bloggers like this: