Ternyata Jamur Susu Harimau Banyak Manfaatnya, Beharga Jutaan Rupiah Per Kilo

By Zxtung90 - Own work, CC BY-SA 4.0, Link
(Source Image : Wikipedia By Zxtung90 - Own work, CC BY-SA 4.0)[https://commons.wikimedia.org/w/index.php?curid=40813999]

FREELINENEWS.COM | Ternyata jamur susu harimau(Lignosus rhinocerus) merupakan jamur tinggi serat, rendah kalori, bebas lemak dan mengandung banyak nutrisi penting seperti selenium, kaliaum, thiamine (vitamin B1), riboflavin (vitamin B2), niacin and vitamin D.

Jamur susu harimau dalam pengobatan tiongkong banyak digunakan untuk pengobatan tradisional. Species jamur ini paling banyak dicari orang untuk tujuan pengobatan.

Seoerti dilansir TheStar.com.my. Jamur susu harimau, jamur dari keluarga jamur ling zhi atau reishi yang sangat terkenal mujarabnya untuk pengobatan tradisional. Seperti dilansir TheStar, jamur ini dipercaya oleh orang-orang tua di Tiongkok, berasal dari tetesan susu harimau betina ke tanah, kemudian tumbuh menjadi jamur.

Jamur ini tumbuh subur di dalam tanah hutan tropisdengan kelembapan lebih dari 80%. Di Malaysia jamur susu harimau tumbuh di Dataran Tinggi Genting dan Kuala Lapis Pahang dan Perak.

BACA JUGA :  Sensasi Strategis Menikmati Kopi Arabica Gayo di Flavours Coffe Idi

Jamur susu harimau itu sangat sulit ditemukan.Orang yang tinggal di daerah pedalaman Malaysia mengumpulkan jamur tersebut, kemudian dijual dengan harga RM 270/Kg.  Di Indonesia jamur susu harimau yang super dijual dengan harga mencapai Rp1.000.000- Rp1.600.000/kg. Bahkan saat ini jamur susu harimau juga telah dibudidaya untuk kebutuhan pasar international seperti di NTT.

DilansirTheStar.com.my. Masyarakat Tionghoa memanfaatkan jamur tersebut untuk mengobati batuk, asma, demam, maag, gangguan pencernaan dan keracunan makanan. Umbi jamur (yang terlihat seperti akarnya) ditumbuk menjadi bubuk lalu direbus dalam air untuk diminum.

Pada pembukaan Konvensi Internasional tentang Bioteknologi pada tahun 2002 di Kuala Lumpur, Perdana Menteri Tun Dr Mahathir Mohamad dilaporkan mengatakan bahwa batuk kronisnya sembuh setelah dia mengkonsumsi obat Cina yang berasal dari jamur Susu Harimau, lansir Thestar.com.my.

BACA JUGA :  Produsen Ponsel akan Merilis Teknologi 5G di 2019

Serbuk Jamur Susu harimau terkadang  dicampur dengan anggur beras Cina dan dioleskan secara topikal untuk mengobati benjolan, luka dan bisul. Juga dijadikan cream wajah. Jamur itu juga dapat dimnafaatkan untuk anti bakteri. Senyawa aktif yang dikandungi jamur tersebut seperti beta-glucan, anaturally-occurring polysaccharide (complex carbohydrate) yang terjadi secara alami dikandungi dalam umbi jamur, khususnya di dinding hifa jamur, tabung percabangan yang membentuk tubuh atau miselium jamur multiseluler. Miselium mirip dengan benih tanaman, tempat tumbuhnya jamur.

Tes in-vitro menunjukkan bahwa beta-glucan yang terkandung dalam jamur susu harimau itu berperan dapat mencegah penyebaran sel kanker dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. beta-glucan yang dikandungi jamur susu harimau lebih banyak dan lebih bagus manfaatnya dari jamur Ling Zhi dan jamur-jmaur lainnya.(*)

%d bloggers like this: