Breaking NewsPendidikan

SMAN 2 Idi Gelar Ujian Online Selama Pandemi

FREELINENEWS.com | Aceh Timur – Pandemi Covid-19 yang masih berjalan membuat semua siswa/i tidak dapat belajar dan ujian tatap muka secara normal. Agar para siswa tidak ketinggalan mata pelajaran atau mata ujian, banyak sekolah menggunakan teknologi dengan memanfaatkan sistem online.

Seperti dilakukan SMAN 2 Idi,  agar memudahkan siswa untuk mengikuti ujian, maka pihak sekolah mengadakan ujian online dengan menggunakan aplikasi google form. “Semua siswa di sekolah kita mengikuti ujian online, hal ini kita lakukan agar protokol kesehatan tetap terjaga dengan baik di tengah pendemi seperti sekarang ini,” kata Kepala Sekolah SMAN 2 Idi Rayeuk, Laina Fariyani, SE.MM, kepada freelinenews.com, Kamis (03/12/2020) pagi.

Iklan

Sebelumnya, kata Laina, pihaknya telah melakukan simulasi terlebih dahulu untuk memastikan kelancaran saat ujian berlangsung. “Soal ujian seperti ujian tatap muka biasa ada mengunakan  pilihan ganda, essay dan soal yang mengharuskan upload foto,” papar Kepala Sekolah.

Proses ujian berlangsung di ruang lab komputer yang diawasi oleh wali kelas masing-masing dan guru mata pelajaran. “Pelaksanaan hampir sama dengan ujian tatap muka biasa, dimana para siswa harus hadir keruangan 15 menit sebelum ujian dimulai, para siswa juga diharuskan mengisi absen kehadiran. Soal ujian akan mengirim link soal ujian,” ketus Laina.

Untuk penilaian ujian online, pihak IT di sekolah telah mengatur dengan agar nilai hanya bisa di ketahui oleh pengawas ujian dan panitia. Sehingga setiap nilan mata pelajaran dirahasiakan dari siswa/i.

“Ujian online seperti ini selain untuk menjaga jarak bagi dalam menerapkan protkes, siswa/i juga akan terlatih dalam penggunaan perangkat teknologi seperti komputer. Semua siswa saat mengikuti ujian juga harus menggunakan masker, dan jaga jarak serta cuci tangan sebelum masuk ruangan. Hal ini untuk mendukung suksesnya program GEMAS yang telah dianjurkan oleh Dinas Pendidikan Aceh,” pungkas Kepala Sekolah SMAN 2 Idi, Laina Fariyani, SE.MM (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
error: Terimakasih, Tidak Melakukan Copy Paste