Editorial

Baca Beberapa Cara Agar Tidak Stres Selama Pandemi Covid-19, Sehingga Imun Anda Lebih Baik

Agar kita semua hidup sehat ditengah pandemi COVID-19 dan dapat menjaga agar kita jangan stres sehingga menimbulkan psikosomatik yaitu keluhan fisik yang timbul atau dipengaruhi oleh pikiran atau emosi, tampa memiliki penyakit. Kali ini freelinenews.com mencoba merangkum beberapa tip agar kita tidak stres ditengah pandemi COVID-19.

Seperti direlis ilovelife.co.id. Menurut dr. Andri, dokter spesialis dan psikiater RS Omni Alam Sutera, salah satu penyebab psikosomatik akhir-akhir ini ialah karena kecemasan yang dipicu oleh berita-berita terkait COVID-19. Pasalnya, setiap menit kita bisa terpapar berbagai berita mengenai COVID-19, baik melalui berita, media sosial, grup Whatsapp, berita di TV, dan lain sebagainya. 

Akibatnya, ketidakseimbangan ini membuat tubuh merasakan gejala yang mirip dengan COVID-19, yaitu batuk-batuk, nyeri, agak meriang, padahal suhu tubuh normal. Alhasil, pandemi COVID-19 bukan hanya mengancam kesehatan fisik, tetapi juga kesehatan mental.

Untuk itu mari kita jaga pikiran dan perasaan kita ditengah pendemi COVID-19 ini agar tidak stres berikut ini freelinenews.com memaparkan beberapa cara menjaga agar kita tidak stres menurut ajaran Islam. Ajaran Islam adalah solusi dari segala permasalahan, termasuk dalam menghadapi stress dalam kehidupan ini. Allah SWT menganjurkan kita untuk tidak lemah:

“Janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah (pula) kamu bersedih  hati, padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi (derajatnya), jika kamu  orang-orang yang beriman.” (Q. S. Ali ‘Imron : 139).

Kita manusia adalah makhluk yang tinggi derajatnya dan berakal, dan beriman kepada Allah SWT, untuk itu kita tidak perlu goyah dalam menghadapi persoalan hidup ini. Kita harus pandai dalam mengatasi agar kita tidak stres dimasa pendemi COVID-19 ini.

  1. Mendasari diri dengan Niat yang Ikhlas

Lakukanlah segala perbuatan kita dengan dasar ikhlas mengharap ridha Allah SWT, kita hanya mampu merencanakan dan berusaha, akan tetapi Allah yang menentukan. Ikhlas merupakan hal yang peling utama dalam setiap amal perbuatan maupun ibadah yang kita lakukan. Dengan Ikhlas akan hadir ketenangan jiwa dalam diri kita dan dapat menyelamatkan kita dari segala adzab Allah SWT.

Jika Pemerintah meminta kita menjaga protokoler COVID-19, maka lakukanlah dengan Ikhlas. Jika semua perbuatan kita niatkan dengan ikhlas demi mengharap ridha Allah, insya Allah apapun hasil yang diperoleh tidak akan membuat kita stress.

2. Mengerjakan Shalat

Salah satu ibadah yang akan membuat kita tenang adalah Shalat. Dengan menjaga shalat wajib lima waktu serta mengerjakan shalat sunnah dapat menenangkan hati, pikiran, dan jiwa yang gundah juga fisik. Karena, dalam shalat, seseorang sejatinya tengah menghadap Allah SWT, meninggalkan sejenak kesibukan duniawi untuk memberikan kesempatan bagi rohani atau jiwanya untuk berkomunikasi dengan sang Pencipta. Shalat juga merupakan obat untuk berbagai penyakit sekaligus penolong. Sebagaimana firman Allah SWT yang artinya;

“Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai  penolongmu, Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.” (Q. S. Al Baqarah: 153).

  1. Perbanyak Berdzikir Kepada Allah SWT

Dzikir adalah mengingat Allah SWT. Selalu berzikir baik dengan lisan ataupun setiap perbuatan yang kita kerjakan. Hadirkan Allah setiap hela nafas kita dengan menyebut nama Allah SWT, Insya Allah kita akan selalu tenang dengan menggingat sang Pencipta kita. Firman Allah SWT:

 “Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.” (Q. S. Ar-Ra’d).

  1. Selalu Berdoa Kepada Allah SWT

Memajatkan doa kepada Allah SWT, meminta keselamatan, meminta agar kita dijauhkan dari segala macam penyakit termasuk penyakit sedang pandemi yaitu Corona. Dengan berdoa kita lebih lega dan menjauhkan kita dari pikiran yang stres.

  • Bertawakkal Kepada Allah SWT

Bertwakal kepada Allah SWT, akan menghilangkan pikiran-pikiran negatif dan akan selalu berfikir positif. Kita bertawakal kepada Allah SWT kita akan sadar semua kejadian, ujian, musibah, bencana,  semuanya itu adalah atas takdir Allah SWT. Untuk itu kita tetap dalam kondisi berserah diri dan sabar untuk menghadapi semua persoalan ini.

Selain amalan baik sesuai dengan ajaran agama kita, selian untuk menjaga agar kita tidak stress untuk lebih hati-hati termakan berita hoax atau berita yang hanya mencari sensasi dengan headline yang berlebihan (clickbait).

Agar kamu terhindar dari berita hoax, cobalah untuk mengonsumsi berita dari media mainstream dan terpercaya. Untuk memperoleh update terbaru seputar virus corona dan COVID-19 di indonesia, kamu bisa membuka di situs resmi pemerintah yakni www.covid19.go.id atau situs World Health Organization (WHO) https://www.who.int/.

Selamat bekerja dan selalu jaga protokoler COVID-19 yang telah ditetapkan oleh Pemerintah. Semoga saja kita selalu dalam lindungan Allah SWT dan dijauhkan dari segala macam penyakit. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
error: Terimakasih, Tidak Melakukan Copy Paste