oleh

Misteri ‘Orang Minyak’ Mahkluk Jadi-jadian Pencuri Perawan di Malaysia

MALAYSIA | FREELINE NEWS – Kata ‘orang minyak’ mungkin sangat asing bagi masyarakat Indonesia. Orang minyak adalah makhluk jadi-jadian atau hantu yang menakutkan berasal dari negara jiran Malaysia.

Konon ceritanya, Orang Minyak makhluk berpostur tubuh seperti manusia dengan warna kulit hitam legam sekujur tubuhnya berminyak seperti oli hitam bekas. Sosok ‘orang minyak’ di Semenanjung Malaysia sangat terkenal dengan kegemarannya mencuri keperawanan gadis-gadis kampung.

Kisah orang minyak di tanah melayu itu menjadi populer bahkan kisah orang minyak sempat diangkat dalam film berjudul “Sumpah Orang Minyak”, film yang dibintangi aktor legendaris Malaysia P. Ramlee diproduksi oleh Malay Film Production Ltd (MPF) pada tahun 1958.

Seperti ditulis Wikipedia. ‘Orang Minyak’ mampu memasuki rumah yang berkunci dengan mudah. Selain itu Orang Minyak dapat menghilangkan diri ketika dikejar warga. Bahkan banyak cerita berkembang, Orang Minyak juga mampu melekat di loteng rumah seperti layaknya seekor cecak, dan mampu berjalan di atas seheli benang.

Banyak cerita tentang orang minyak berkembang dikalangan masyarakat Melayu Malaysia. Agar seorang gadis tidak diganggu oleh makhluk halus itu, ada pendapat saat malam hari sang gadis harus menaburkan pelepah jantung pisang dalam daun keladi disekitar tempat tidurnya.

Cerita lainya juga sering terdengar, bahwa untuk menangkap orang minyak harus menggunakan kain batik panjang. Orang Minyak harus diselubungkan dengan kain batik agar lemah dan tidak menghilang. Sebagian kisah menyebutkan bahwa orang minyak juga takut dengan cermin.

Kisah peristiwa Orang Minyak, bukan saja cerita fiktif belaka dan kisah lama, namun pertengahan 2018, sebuah surat kabar keluaran Negara Jiran Malaysia, My Metro melansir berita dengan judul “Orang Minyak Cari Gadis”. Kejadian itu terjadi di Kampung Pengkalan Demit, Kubang Kerian, Kota Bharu, Kelantan, Malaysia. Masyarakat daerah itu resah tentang keberadaan orang minyak di kampung mereka.

Bahkan My Metro melaporkan, seorang remaja putri (17) sempat diganggu orang minyak saat dirinya sedang membasuh pakaian di belakang rumahnya. Gadis remaja itu mengaku, lehernya sempat dicekik oleh orang minyak. Korban juga mengaku bahwa dirinya ditarik oleh sesorang dan dibawa keruang tamu rumahnya.

Penelitian ilmiah tentang orang minyak menyebutkan, bahwa orang minyak itu adalah pencuri biasa yang melumuri tubuhnya dengan oli agar licin, sehingga orang-orang susah menangkapnya karena tubuhnya licin. Dan karena mengunakan minyak hitam atau oli bekas, maka sulit kelihatan saat malam hari. (*)

Komentar

News Feed