Breaking NewsHeadlineSejarah

Sepuluh Peristiwa Kapal Selam di Dunia

Panglima TNI Nyatakan 53 Awak Nanggala-402 Gugur

FREELINENEWS.com | Jakarta – Berdasarkan bukti-bukti otentik,  Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyatakan 53 awak kapal KRI Nanggala-402 telah gugur. Hal itu disampaikannya dalam jumpa pers di Bali, Minggu (25/04/2021).

Panglima TNI saat menyampaikan sangat sedih dalam menyampaikan berita duka. Pihaknya juga mengucapkan belasungkawa yang sangat mendalam atas gugurnya prajurit terbaik dalam musibah kecelakaan Nanggala -402.

Iklan

Hilangnya kapal selam Naggala-402,  menjadi perhatian dunia, ini merupakan sebuah peristiwa terbaru mengenai peristiwa terhadap kapal selam di dunia. Berikut sepuluh tragedy kecelakaan kapal selam di dunia:

  1. Tenggelam Nanggala -402

Kapal Selam Nanggala -402 milik Angkatan Laut Indonesia hilang kontak di perairan Bali pada hari Rabu (21/04/2021) subuh, saat sedang melakukan Latihan menembak terpedo.

2. Kebakaran Losharik 

Pada Juli 2019, kebakaran di kapal selam penelitian laut dalam Rusia bertenaga nuklir Losharik menewaskan 14 awak kapal. Lima dari mereka selamat, menurut laporan, dan kapal selam itu ditemukan dan diperbaiki.

3. Kapal Selam ARA San Juan Hilang

Pada November 2017 Kapal selam ARA San Juan, kapal selam diesel-listrik milik Argentina dilaporkan menghilang saat berpatroli. Setelah berminggu-minggu upaya pencarian dan penyelamatan, kapal itu dinyatakan hilang bersama 44 orang di dalamnya. Puing-puingnya ditemukan tahun berikutnya di sekitar 900 meter air.

  1. Tenggelam Kapal Selam Ming 361

Pada April 2003, Kapal selam Ming 361 atau The Great Wall merupakan kapal selam diesel-listrik milik Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat, China. Semua awak di kapal selam yang berjumlah 70 orang, mati lemas karena kekurangan oksigen. Peristiwa Kapal selam Ming 361 teradi sedang melakukan latihan di Laut Kuning antara Korea dan Provinsi Shandong. Akan tetapi, terjadi kerusakan pada mesin diesel yang merusak oksigen dalam kapal selam. Kapal selam yang lumpuh itu tetap mengapung selama sepuluh hari karena dalam misi tanpa kontak. Kemudian kapal selam Ming 361 yang setengah tenggelam ditemukan oleh nelayan China pada 25 April 2003.

5. Tenggelam Kapal Selam Kursk

Pada 12 Agustus 2000, kapal selam berpeluru kendali Rusia K-141 Kursk tenggelam ke dasar Laut Barents setelah dua ledakan di haluannya. Sedikitnya 118 awak di kapal selam bertenaga nuklir itu tewas. Setelah menemukan sisa-sisa orang yang tewas dari kapal selam, para pejabat menetapkan bahwa 23 anggota awak, termasuk komandan Kursk, selamat dari kecelakaan awal sebelum tenggelam. 6.

6. Tenggelamnya K-8

Pada 8 April 1970,  Sebuah kebakaran yang terjadi di kapal selam serang Soviet K-8. Kapal selam bertenaga nuklir itu terjadi di Teluk Biscay. Kejadian ini terjadi Ketika kapal selam tersebut terbakar dan ditengah arus air yang sangat deras. 52 Awak berhasil diselamtakan, sementara 8 orang lainnya gagal diselamatkan.

7. Kapal Selam Scorpion Hilang

Pada Mei 1968, kapal selam serang bertenaga nuklir Angkatan Laut AS Scorpion menghilang di Samudra Atlantik dengan 99 orang di dalamnya. Puing-puing itu ditemukan pada Oktober sekitar 400 mil (644 km) barat daya pulau Azores, lebih dari 10.000 kaki (3.050 meter) di bawah permukaan. Ada beberapa teori tentang bencana tersebut: pelepasan torpedo yang berputar ke belakang dan menghantam Scorpion secara tidak sengaja, ledakan baterai besar kapal selam, bahkan tabrakan dengan kapal selam Soviet.

8. Tenggelamnya K-129  

Pada 8 Maret 1968, tenggelamnya kapal Selam K-129, kapal selam rudal balistik bertenaga nuklir Soviet, tenggelam, di Samudra Pasifik, membawa 98 awak bersamanya. Angkatan Laut Soviet gagal menemukan kapal tersebut. Sebuah kapal selam Angkatan Laut AS menemukannya di barat laut pulau Oahu di Hawaii pada kedalaman sekitar 16.000 kaki (4.900 meter). Sebuah kapal bor laut dalam, Hughes Glomar Explorer, berhasil menyelamatkan sebagian dari kapal selam itu dalam operasi rahasia. Sisa-sisa enam awak Soviet yang ditemukan di kapal selam itu terkubur di laut.

9. Kapal Selam Thresher Meledak

Pada tanggal 10 April 1963, kapal selam bertenaga nuklir milik Angkatan Laut AS, Thresher, dilaporkan hilang dengan 129 awak di dalamnya. Kapal selam tersebut meledak di perairan 8.400 kaki (2.560 meter) selama uji coba menyelam dalam di Tenggara Cape Cod, Massachusetts. Menurut tinjauan militer AS tentang kecelakaan itu, penjelasan yang paling mungkin adalah bahwa sambungan pipa di ruang mesin sistem air laut lepas, korsleting elektronik dan memicu penutupan reaktor kapal yang membuatnya tidak memiliki daya yang cukup untuk menghentikan dirinya dari tenggelam.

10. Kecelakaan Kapal Selam K-19

Pada 4 Juli 1961 sebuah kapal Selam K-19 salah satu dari dua kapal selam rudal balistik nuklir milik  Soviet. Kecelakaan K-19 terjadi saat diluncurka pertama kali. Seperti digambarkan dalam film “K-19 : The Widowmaker”. K-19 kecelakaan terjadi akibat kerusakan kehilangan pendingin total di reaktornya di lepas pantai tenggara Greenland. Kru teknik kapal mengorbankan hidup mereka untuk menjadi juri-rig sistem pendingin darurat. Dua puluh dua dari 139 pria di dalamnya meninggal karena paparan radiasi. 117 sisanya menderita berbagai tingkat penyakit radiasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
error: Terimakasih, Tidak Melakukan Copy Paste